Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, May 17, 2015

7 Kebiasaan Untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

Sebagian orang mengatakan mata adalah jendela jiwa, tapi jika anda benar-benar ingin tahu tentang seseorang, perhatikanlah senyumannya. Senyuman dengan gigi sehat seputih mutiara membuat kesan pertama yang baik, sedangkan senyum bungkam dan bau mulut adalah sebaliknya.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gigi tetap sehat. Pastikan anda memberi perawatan yang layak terhadap gigi Anda.

1. Sikat gigi dua kali sehari selama dua menit
Sikatlah gigi Anda selama dua menit, dua kali sehari, kata American Dental Association (ADA). Ini akan menjaga gigi Anda tetap dalam kondisi terbaik. Menyikat gigi dan lidah dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi berfluoride dapat membersihkan sisa makanan dan bakteri dari mulut Anda. Menyikat juga membersihkan partikel yang menggerogoti gigi, yang menyebabkan gigi berlubang.

2. Sikat gigi setelah bangun tidur
Mulut Anda memiliki suhu 98,6 derajat Fahrenheit: hangat dan basah, dan diisi dengan partikel makanan dan bakteri. Hal ini menyebabkan penumpukan yang disebut plak. Jika plak itu berkembang menjadi kalsifikasi atau mengeras, itu akan membentuk karang gigi atau kalkulus. Tidak hanya tartar yang mengiritasi gusi Anda, tapi juga dapat menyebabkan penyakit gusi serta menyebabkan bau mulut.

3. Jangan berlebihan dalam menyikat gigi
Jika anda menyikat gigi lebih dari dua kali sehari selama lebih dari empat menit, lapisan enamel yang melindungi gigi akan ikut menipis.

Jika lapisan enamel menghilang, maka akan berhadapan dengan lapisan dentin. Dentin memiliki lubang-lubang kecil yang mengarah ke ujung syaraf. Ketika itu terpicu, Anda mungkin merasakan sakit pada gigi. Hampir 20 persen orang dewasa menderita sakit dan sensitivitas pada gigi mereka.

4. Jangan menyikat terlalu keras
Sikatlah gigi anda seperti memoles kulit telur. Jangan menghantamnya dengan tekanan yang terlalu besar. Enamel cukup kuat untuk melindungi gigi dari apapun yang terjadi di dalam mulut, dari makan dan minum hingga memulai proses pencernaan. Anak-anak dan remaja memiliki enamel yang lebih lembut daripada orang dewasa, jika tidak terawat, akan lebih rentan terhadap gigi berlubang dan erosi dari makanan dan minuman.

5. Pastikan anda melakukan flossing setiap hari
Flossing adalah proses pembersihan sela-sela gigi dengan benang gigi. Flossing dapat membersihkan partikel yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, membersihkan plak, dan dengan demikian dapat mencegah penumpukan tartar. Meskipun plak gigi mudah disikat, tapi anda butuh dokter gigi untuk membersihkan tartar atau karang gigi.

6. Tidak masalah kapan anda melakukannya
Akhirnya kita telah memperolah jawaban, mana yang lebih dulu, menyikat gigi atau flossing gigi? Itu tidak penting, menurut ADA, selama anda melakukannya setiap hari.


7. Hindari minuman bersoda
Bukan hanya gula, tapi minuman bersoda juga. Zat asam pada soda dapat merusak gigi. Setelah zat asam menggerogoti enamel, kemudian ia akan menciptakan rongga, dan mengikis struktur dalam gigi. Untuk menghindari kerusakan gigi terkait minuman, batasi mengkonsumsi minuman ringan dan lebih peduli terhadap gigi anda.
*Rekomendasi: Pembersihan Karang Gigi Apakah Ditanggung BPJS?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Kebiasaan Untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. baru tau kalo menykat gigi lebih dari 2x sehari dan lebih dari 4 mnit bisa merusak gigi

    ReplyDelete
  2. waduh, minuman bersoda bisa merusak Gigi ya pak ? harus segara dihindari donk,

    ReplyDelete