Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, May 30, 2015

Apa Sebenarnya Arti Dari Stadium Kanker

Kanker merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan lebih dari 100 jenis penyakit, dokter akan mendiagnosis jenis kanker tertentu tergantung pada letaknya dan tingkat pertumbuhannya dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali sel-sel kanker sehingga kita dapat memberikan tubuh kita nutrisi yang disarankan untuk mengendalikan dan mencegah penyakit ini.

Stadium adalah tingkatan tentang seberapa banyak sel-sel kanker pada tubuh dan lokasinya, dokter biasanya menggunakan informasi dari stadium untuk membantu merencanakan pengobatan yang lebih tepat.

Beberapa kanker pada stadium yang sama dapat diberi penanganan yang sama karena menunjukkan pandangan yang serupa.


Rincian berikut ini menjelaskan tentang tahapan atau arti stadium dari kanker :

Stadium 0

Sebuah sel yang membentuk kanker dapat melakukannya dengan bantuan sel-sel lain yang sejenis. Hal tersebut dapat menghasilkan tumor pada jaringan yang diserangnya, tetapi hanya akan menimbulkan sedikit atau sama sekali tidak mengancam nyawa. Pada stadium ini kanker disebut dengan "in situ", yang berarti kanker berada pada posisi di mana ia akan mulai menyebar ke jaringan sekitarnya. Prognosis atau perkiraan kesembuhan untuk kanker stadium nol seringnya tinggi. Kekambuhannya bisa dicegah dengan operasi pengangkatan tumor.

Stadium 1

Sel-sel kanker pada stadium ini memiliki kemampuan untuk melewati membran dari jaringan di mana kanker muncul, dan menerobos jaringan di sekitarnya. Hal tersebut merupakan tahap serius sejak sel kanker tumbuh dan sekarang mulai mengancam nyawa. Pada stadium ini, kanker tetap dalam keadaan lokal, karena sebagian kanker tetap berada di jaringan awal dan sebagian lainnya berada pada jaringan tetangga hanya sebagai benjolan tunggal.

Stadium 2 & 3

Setelah sel-sel kanker menerobos sebuah jaringan, salah satu sel anaknya akan menyerang jaringan lain melalui pembuluh getah bening. Pada stadium ini, kanker akan terus meluas dan terus menerobos lebih dalam ke jaringan-jaringan di sekitarnya. Sel-sel kanker yang memasuki aliran darah dapat terdeteksi oleh sistem kelenjar getah bening. Anda harus meningkatkan sistem daya tahan tubuh pada stadium ini karena serangan pada kelenjar getah bening dapat memicu respon imun yang dapat mematikan semua mutasi.

Stadium 4

Stadium ini disebut juga "penyebaran jauh" karena telah menyebar dari posisi awal ke organ lain pada tubuh. Pada stadium ini, kanker akan sulit ditangani. Sel-sel kelenjar getah bening memperpanjang lebih jauh bahkan ke aliran darah, sekali masuk ke aliran darah, sel-sel kanker dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Kesimpulan

Penting bagi kita untuk memahami setiap tahapan kanker; hal ini juga memungkinkan dokter untuk memilih pilihan pengobatan yang tepat untuk pasien kanker. Misalnya, pengobatan untuk kanker stadium awal adalah operasi, sedangkan pada stadium tingkat lanjut adalah kemoterapi.
Sumber, Sumber, Sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Sebenarnya Arti Dari Stadium Kanker

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. Kalau sudah dengar stadium 4 itu, saya jadi ingat mesti rajin olahraga. hahahaha

    ReplyDelete