Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, May 23, 2015

Pilihan Pengobatan Kanker: Operasi, Kemoterapi, Radiasi

Tergantung pada jenis kanker, di mana kanker itu berkembang, bagaimana tingkatannya, dan apakah telah menyebar ke bagian tubuh lain, dokter akan memilih salah satu atau kombinasi dari beberapa pengobatan berikut ini. Pengobatan ini dapat digunakan sebagai terapi utama (digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang ada) atau sebagai terapi adjuvant (digunakan untuk mencegah kanker dari datang kembali).

Operasi

Tujuan dari operasi adalah mengangkat semua atau sebagian besar kanker bertumor. Operasi adalah pengobatan kanker yang paling umum tapi tidak dapat digunakan pada semua kasus. Misalnya kanker darah, seperti leukimia tidak membentuk tumor. Beberapa tumor mungkin dapat dioperasi karena mereka tumbuh menjadi atau sangat dekat dengan organ vital. Kanker yang telah menyebar ke seluruh tubuh tidak dapat diobati dengan operasi.

Efek samping dari operasi kanker sama dengan jenis operasi lainnya dan termasuk rasa sakit dan kemungkinan infeksi. Selain itu, operasi juga dapat merusak organ atau jaringan penting lainnya, menimbulkan berbagai masalah.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan yang sangat kuat untuk membunuh sel-sel kanker. Kemo biasanya diberikan dalam siklus dimana pasien diberi pengobatan selama beberapa hari dan kemudian memiliki periode pemulihan sebelum diberikan siklus pengobatan berikutnya. Ada puluhan obat-obatan untuk kemoterapi, setiap mereka memiliki efek sampingnya sendiri, tapi efek samping yang paling umum dari kemoterapi adalah rambut rontok, mual, muntah, diare, kelemahan otot, kelelahan, dan melemahnya sistem daya tahan tubuh.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi adalah penggunaan radiasi yang terkonsentrasi untuk membunuh sel-sel kanker. Sementara kemoterapi mempengaruhi seluruh tubuh, radiasi hanya ditargetkan pada daerah tertentu, baik dengan menanamkan bahan radioaktif dalam tubuh ataupun menggunakan mesin komputer yang mengontrol sinar radiasi untuk memberi dosis yang spesifik. Efek samping yang biasa terjadi pada terapi radiasi adalah mual, muntah, sensitivitas kulit atau luka bakar, dan kelelahan.


Pengobatan Kanker Lainnya

  • Operasi, kemoterapi, dan radiasi merupakan jenis pengobatan kanker yang paling sering digunakan, namun masih ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia:
  • Terapi hormon menggunakan obat-obatan dan operasi untuk mengurangi kadar hormon yang membuat beberapa jenis kanker tumbuh, terutama kanker payudara dan prostat.
  • Terapi biologi (atau imunoterapi) mencoba untuk melatih sistem kekebalan tubuh sendiri dengan mengenali dan melawan sel-sel kanker.
  • Terapi gen mencoba untuk mengubah DNA sel kanker, baik mengubahnya menjadi normal kembali atau membuatnya lebih rentan terhadap jenis pengobatan lain.
  • Terapi paliatif berfokus pada peningkatan kualitas hidup pasien dan keluarga secara keseluruhan dalam menghadapi penyakit serius. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa pasien kanker yang menerima terapi paliatif memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan hidup lebih lama daripada mereka yang hanya menerima pengobatan standar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pilihan Pengobatan Kanker: Operasi, Kemoterapi, Radiasi

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. Efek terapi radiasi katanya juga bisa buat kulit gosong dan rambut rontok ya mas

    ReplyDelete