Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, June 15, 2015

10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat adalah buah yang unik, kebanyakan buah terdiri atas karbohidrat, sementara alpukat mengandung lemak sehat yang tinggi. Sejumlah studi menunjukkan bahwa alpukat memiliki manfaat untuk kesehatan yang sangat baik. Berikut adalah 10 manfaat alpukat untuk kesehatan, didukung penelitian ilmiah.

#1 - Manfaat Alpukat Untuk Tekanan Darah

Kandungan potassium dalam alpukat 35% lebih banyak dibandingkan pisang. Potassium dapat membantu mengontrol tekanan darah dengan mengurangi efek sodium, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

#2 - Manfaat Alpukat Untuk Kolesterol

Minyak yang terkandung dalam alpukat termasuk asam linoleic dan asam oleic dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Individu yang memiliki kolesterol tinggi yang mengkonsumsi alpukat selama 7 hari menunjukkan penurunan yang signifikan pada kadar trigliserida, kolesterol total, kolesterol LDL, serta peningkatan kolesterol HDL. Alpukat merupakan sumber yang baik untuk betasitosterol, dan studi menunjukkan bahwa betasitosterol dapat mengurangi kolesterol LDL.

#3 - Manfaat Alpukat Untuk Arthritis

Asam lemak dan antioksidan dalam alpukat memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala osteoarthritis.

Ada juga beberapa bukti bahwa ekstrak minyak alpukat dan kedelai dapat memperlambat perkembangan osteoarthritis dan mempromosikan perbaikan tulang rawan.

#4 - Manfaat Alpukat Untuk Diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa individu dengan diabetes yang makan diet terutama terdiri dari alpukat, yang tinggi lemak tak jenuh tunggal, memiliki manajemen glukosa darah dan trigliserida yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang makan diet tinggi karbohidrat dan diet rendah lemak.

#5 - Manfaat Alpukat Untuk Meningkatkan Sistem Imun

Alpukat merupakan sumber yang baik untuk glutathione, antioksidan ampuh yang penting untuk kesehatan sistem daya tahan tubuh.

#6 - Manfaat Alpukat Untuk Kanker

Glutathione adalah antioksidan yang terdapat dalam alpukat dan ada bukti ilmiah bahwa glutathione dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Peneliti mendemonstrasikan bahwa ekstrak alpukat menghambat dan membunuh sel-sel kanker, hal ini mengindikasikan bahwa mengkonsumsi alpukat dapat membantu mencegah terkena kanker. Ekstrak alpukat juga menunjukkan dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat di dalam vitro.

#7 - Manfaat Alpukat Untuk Kulit Sehat

Kombinasi minyak yang sehat, ditambah vitamin C dan E dalam alpukat dapat membantu menjaga peremajaan kulit, baik dimakan maupun dioleskan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa krim vitamin B(12) yang mengandung minyak alpukat dapat meringankan gejala psoriasis.

#8 - Manfaat Alpukat Untuk Penglihatan

Alpukat merupakan sumber yang bagus untuk zeaxanthin dan lutein, yang dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

#9 - Manfaat Alpukat Untuk Mengurangi Kerusakan Hati

Sebuah studi menunjukkan bahwa alpukat mengandung zat kimia ampuh yang dapat mengurangi kerusakan hati.

#10 - Manfaat Alpukat Untuk Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi alpukat pada diet rendah kalori tidak berkompromi dalam penurunan berat badan. Namun sebuah studi pada tikus menunjukkan adanya penekan nafsu makan pada buah alpukat.


Nutrisi Yang Terkandung Dalam Alpukat

Alpukat merupakan sumber serat yang baik, serta asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, potassium, dan vitamin B.

*Referensi: PMID: 22070054, PMID: 15661480, PMID: 15629237, PMID: 14576991, PMID: 11586013, PMID: 23638933, PMID: 11368579

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment