Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, June 25, 2015

Berapa Banyak Kalsium Yang Kita Butuhkan?

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, tapi kebanyakan dari kita tidak mendapat asupan kalsium yang cukup. Apa yang harus kita makan untuk memperoleh asupan kalsium yang optimal, dan apakah harus mengkonsumsi suplemen?

Asupan kalsium yang direkomendasikan adalah 1200mg, yang seharusnya kita peroleh dari makanan yang kita makan.

Sumber kalsium yang baik adalah keju, susu, yoghurt, bayam, ikan teri dan sarden, salmon dan pilchards kalengan (dimakan dengan tulang), almond dan tahu.

Perlu diperhatikan bahwa produk susu tanpa lemak atau susu rendah lemak rata-rata mengandung kalsium yang sama banyaknya dengan jenis susu full-cream. Anda bisa membantu memenuhi asupan kalsium dengan dua atau tiga gelas susu setiap hari. Segelas susu yang dimaksud memiliki takaran saji 250ml.

Perlukan mengkonsumsi suplemen kalsium?

Jika Anda jarang minum susu atau makanan lain dengan kandungan kalsium tinggi, yang terbaik adalah berkonsultasi mengenai suplemen kepada dokter atau ahli gizi.

Berdasarkan studi terkini, suplemen kalsium harus mengandung vitamin D dan K2 untuk mencegah kalsium yang Anda minum menumpuk dalam arteri di mana dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti serangan jantung, stroke dan kematian mendadak.

Berapa Banyak Kebutuhan Kalsium Harian


Suplemen kalsium yang mengandung vitamin D dan K2 dapat menjamin bahwa kalsium yang Anda minum akan masuk ke dalam tulang dan tidak ke arteri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berapa Banyak Kalsium Yang Kita Butuhkan?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. benar ya mas, kadang kita hanya tahunya suplemen itu tambahan kalsium secara praktis dan instan tanpa konsultasi dahulu.. padahal jika tak tepat bisa bahaya yah..

    ReplyDelete
  2. Kalau soal kalsium saya jadi ingat dengan tulang.

    ReplyDelete