Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, June 20, 2015

Ramadhan Waktu Yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

Bulan suci Ramadhan bisa menjadi gerbang positif bagi perokok yang ingin menghentikan kebiasaan buruknya. Tapi apakah bisa? Mungkin bisa bagi sebagian orang, tapi saya pikir masalah berhenti merokok tergantung dari kehendak masing-masing perokok.

Manusia secara alami memiliki resistensi terhadap perubahan. Ketika perubahan dipaksakan, seperti berhenti merokok karena kewajiban agama, otak manusia tidak secara positif memproses permintaan tersebut. Dan selama bulan Ramadhan, stimulan seperti kafein dan kopi biasanya makin menarik. Tapi kalau Anda benar-benar ingin berhenti merokok, Insya Allah ada jalan.

Jadi, apakah Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk berhenti merokok? Berhenti merokok memang memerlukan disiplin dan ketetapan hati. Beberapa perokok gagal sebelum memulai , namun bagi perokok yang muslim, selama berpuasa bisa tidak merokok, kenapa tidak dilanjutkan siang malam berhenti merokok dan awal berubah untuk bebas dari rokok.

Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk berhenti merokok, kalau bukan sekarang kapan lagi? Seminggu pertama mungkin akan terasa sangat berat. Menahan makan dan minum sepanjang hari mungkin berat, tapi menahan untuk tidak merokok jauh lebih berat. Di malam hari Anda bisa mencoba mengunyah permen karet jika benar-benar merasa ingin merokok. Seiring waktu, nantinya itu akan menjadi lebih mudah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ramadhan Waktu Yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. Betul sekali. Momen ramadan ini saatnya di gunakan untuk berhenti merokok. lumayan kan sekalian puasa sekalin berhenti merokok

    ReplyDelete