Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, July 7, 2015

Tanya Jawab Tentang Systemic Lupus Erythematosus

Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau yang biasa disebut dengan "Lupus" saja, merupakan penyakit autoimun kronis di mana sistem kekebalan tubuh kita menyerang jaringan tubuh kita yang sehat. Untuk Anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan penyakit lupus, tanya jawab berikut ini mungkin mewakili pertanyaan Anda.

Apakah lupus adalah infeksi yang menular?
Tidak. Lupus tidak menular atau bersifat kanker. Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan peradangan pada berbagai organ tubuh, terutama kulit, darah, sendi dan ginjal. Sistem kekebalan tubuh biasanya melindungi tubuh terhadap virus, bakteri, dan zat asing lainnya. Pada penyakit autoimun seperti lupus, sistem kekebalan tubuh kehilangan kemampuan untuk membedakan antara zat-zat asing dan jaringan tubuh sendiri. Sistem kekebalan tubuh kemudian membuat antibodi dan sel-sel yang diarahkan terhadap jaringan tubuh sendiri.

Apakah lupus lebih banyak terjadi pada laki-laki?
Tidak. Di Indonesia, walau belum ada data yang akurat, saat ini diperkirakan ada sekitar 1.500.000 penyandang lupus di Indonesia, dan 9 kali lebih banyak menyerang wanita, dibandingkan pria.

Apa gejala lupus yang paling umum?
Gejala lupus mungkin muncul dan menghilang dengan cepat dan bisa menyerupai gejala penyakit lain. Karena itu, lupus bisa sulit untuk didiagnosa. Gejala lupus yang paling umum mencakup nyeri sendi dan nyeri otot, kelelahan kronis, ruam sensitif terhadap sinar matahari, sensitivitas terhadap dingin pada tangan dan kaki (fenomena Raynaud), demam ringan, rambut rontok, kehilangan nafsu makan, dan / atau ulkus pada hidung atau mulut.

Apa yang dimaksud dengan flare?
Flare adalah kondisi penyakit yang memburuk secara tiba-tiba. Pada lupus, flare mungkin dipicu oleh sejumlah keadaan; termasuk stres, kurang istirahat, paparan sinar matahari, paparan sinar ultraviolet, obat-obatan tertentu, dan / atau penghentian obat lupus.

Ada berapa jenis penyakit lupus?
Istilah "lupus" umumnya mengacu pada systemic lupus erythematosus (SLE). Jadi kalau kita bicara tentang lupus secara umum, artinya itu adalah SLE. Namun demikian, ada beberapa bentuk lain dari lupus, termasuk:
- Cutaneous lupus erythematosus (CLE)
- Discoid lupus erythematosus (DLE)
- Subacute cutaneous lupus erythematosus
- Drug-induced lupus
- Neonatal lupus


Apakah lupus bisa membuat seseorang meninggal dunia?
Tingkatan penyakit lupus bervariasi dari ringan sampai tahap yang fatal. Kasus lupus yang ekstrim bertanggung jawab atas ribuan kematian di Indonesia setiap tahun. Karena kemajuan medis, diagnosis awal, dan penanganan yang tepat, lupus biasanya tidak fatal, dan mayoritas orang dengan lupus dapat menjalani kehidupan normal.

Pada pasien lupus, apa yang salah dari sistem kekebalan tubuhnya?
Lupus adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif dan salah arah. Ini berarti bahwa sistem kekebalan tubuh salah alamat sehingga tubuh sendiri menyerang sel-sel dan jaringan sehat sendiri. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang sehat seharusnya menyerang benda asing seperti kuman, bakteri, dan virus. Seperti yang terlihat pada gangguan autoimun lain seperti Graves' diseases, rheumatoid arthritis, dan myasthenia gravis; sistem kekebalan tubuh secara harfiah menyerang tubuh sendiri.

Di bagian tubuh mana ruam kupu-kupu biasanya terlihat?
Butterfly rash atau ruam kupu-kupu biasanya muncul pada hidung dan pipi dalam bentuk seperti kupu-kupu. Tanpa gatal atau sakit, umumnya kemerahan. Ruam tidak bersisik, dan memiliki definisi yang tajam.

Catatan: "butterfly rash" juga sering terlihat dengan rosacea (seperti jerawat).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanya Jawab Tentang Systemic Lupus Erythematosus

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

3 comments:

  1. Ngeri juga yah mas penyakitlupus ini, bisa sampai membuat penderetianya meninggal dunia

    ReplyDelete
  2. Wah ngeri juga mas...antibodinya tidak terarah gitu....

    ReplyDelete
  3. sepertinya mas ini sangat faham sekali tentang penyakit lupus.. singkat tapi dimengerti.. semoga bermanfaat ya..

    ReplyDelete