Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, August 8, 2015

8 Cara Cek Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Ada beberapa cara pembayaran dan pengecekan iuran untuk peserta BPJS kesehatan mandiri. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui 3 bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS, diantaranya BNI, BRI dan bank Mandiri. Pembayarannya paling lambat tanggal 10 bulan tersebut.

Ada 8 cara pembayaran iuran BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri, juga bisa digunakan untuk mengecek tagihan BPJS:
  1. ATM BRI, BNI, Mandiri, BTN. Cek di sini untuk pembayaran iuran melalui ATM
  2. Autodebet
  3. SMS banking
  4. Internet banking
  5. Teller bank BRI, BNI, Mandiri, BTN (khusus kelas 3)
  6. Kantor Pos
  7. Indomaret
  8. Untuk peserta PPU dibayarkan perusahaan

Setelah melakukan pembayaran hendaknya melakukan pengecekkan buku tabungan dan mengecek apakah iurannya sudah masuk ke BPJS Kesehatan melalui beberapa cara, diantaranya :

Berikut 3 cara pengecekan pembayaran BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri
  1. Website resmi di check pembayaran iuran bisa diketahui minimal H+3 setelah transfer. Dugaan saya web server BPJS Kesehatan hanya menarik data dari server utama secara berkala. Karena itu setelah peserta membayar iuran kemungkinan datanya tidak langsung update dalam web ini.
  2. Jika punya ponsel dengan sistem operasi Android, Anda bisa download aplikasi BPJS Kesehatan di play store untuk mengecek pembayaran iuran.
  3. SMS gateway juga dapat digunakan untuk mengecek apakah pembayaran iuran sudah masuk atau belum. Ketik TAGIHAN [spasi] Nomor Kartu, kirim ke 0877-75-500-400.  Cek di sini untuk format lengkap pengiriman SMS Gateway.
Cek pembayaran iuran via website BPJS Kesehatan
Semoga informasi di atas mencerahkan Anda yang ingin cek iuran BPJS Kesehatan dan cek tagihan BPJS Kesehatan. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Cara Cek Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

8 comments:

  1. sejak kapan bisa bayar bpjs di ktr pos min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak bulan September 2015, pembayaran iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan di kantor pos, indomaret, dan bank BTN, tapi masih dalam tahap uji coba, belum semuanya bisa.

      Delete
  2. sayang fitur ini sekarang tidak ada lg.

    ReplyDelete
  3. Bagaimana caranya untuk berhenti dari Kepesertaan BPJS, mengingat saya adalah salah satu peserta BPJS yang memiliki 2 kartu Kepesertaan BPJS yaitu ( Peserta BPJS Mandiri dan Peserta BPJS Ketenagakerjaan ). Saya bermaksud berhenti dari Kepersertaan BPJS Mandiri, bagaimana caranya mohon bantuannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam pak, untuk berhenti dari BPJS karena kepesertaan double, bapak bisa lapor ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa surat keterangan kerja dan kedua kartu BPJS untuk menghentikan salah satunya.

      Delete
  4. Saya mau tanya, gimana caranya kita tau berapa bulan yg sudah kita baya/blm bayar. Saya ikut bpjs untuk kelas 1 dan saya ingin melakukan pembayaran via atm. Tapi nominal yg tertera 300rb lebih. Dg berita pembayaran blm lunas. Sedangkan saya rutin tiap bulan bayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, caranya sudah tertulis di atas, bisa lewat website BPJS, aplikasi BPJS Kesehatan mobile, atau sms gateway. Tapi kalau sudah bayar iuran tapi belum masuk, mungkin ada kesalahan sistem, sebaiknya dilaporkan ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa bukti bayar.

      Delete