Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, August 28, 2015

Apa Sih Tujuan Dari Imunisasi?

Imunisasi tujuannya bukan buat bikin anak sehat. Imunisasi tujuannya bukan buat anak pintar. Apalagi untuk menghancurkan suatu agama, atau bikin autis.

Tujuannya adalah untuk mencegah penyakit-penyakit ganas di jaman dulu, yang sangat banyak memakan korban di jaman dulu, yang seharusnya sudah hilang. Tapi muncul lagi karena "trend" sekelompok orang yang mempopulerkan gerakan anti vaksin.

Maaf, gambar ini mengerikan, tapi gambar ini adalah realita.

Penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi

Smallpox alias cacar variola adalah penyakit paling menular dan paling mematikan di masa lalu. Angka kematian akibat variola mayor mencapai 40%, artinya 4 dari 10 orang penderitanya akan meninggal dunia. Namun penyakit ini sudah berhasil diberantas oleh campur tangan yang disengaja pada tahun 1980. Virus variola sudah musnah dari muka bumi atas izin Allah karena ikhtiar imunisasi massal dan global di seluruh penjuru dunia, Alhamdulillah.

Adapun mengenai penyakit-penyakit menular lainnya, misalnya difteri. Difteri juga termasuk penyakit di masa lalu yang banyak menelan korban. Tapi sekarang mulai banyak bayi tewas karena difteri loh. Bahkan di Bandung kemarin terkena status KLB (Kejadian Luar Biasa) karena kematian bayi akibat difteri. Padahal difteri (DPT) termasuk dalam imunisasi dasar yang dijamin pemerintah.

Cek beritanya di sini: Difteri: Lagi dan Lagi...

Kenapa ini bisa terjadi? karena anti vaksin sedang ngetrend.

Imunisasikan Anak Anda di  Puskesmas, Posyandu, Pos pelayanan imunisasi

Imunisasi wajib diberikan kepada anak sejak dilahirkan sesuai Permenkes No 42 Tahun 2013. Tujuan imunisasi adalah untuk mencegah sakit berat, wabah, cacat dan kematian.

Untuk melakukan imunisasi dasar anak sebelum mencapai usia satu tahun, datanglah ke Pos yang melayani imunisasi terdekat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Sih Tujuan Dari Imunisasi?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. anak saya di imunisasi, ngikut aja deh demi kesehatan anak, ada sih teman yg dari kecil tidak diimunisasi, dia jarang sakit, tapi klo sekalinya sakit langsung ngedrop banget

    ReplyDelete
  2. Lihat gambar diatas serem juga, dengan begitu imunisasi itu sungguh bermanfaat keberadaanya ya :D

    ReplyDelete