Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, August 9, 2015

Bagaimana Cara Mencegah Kanker?

Sampai saat ini tidak ada cara mencegah kanker yang 100 persen ampuh, namun ada beberapa cara yang secara signifikan dapat mengurangi risiko Anda mengembangkan kanker.

#1 - Berhenti Merokok

Selain kanker paru-paru, kebiasaan merokok diketahui dapat menyebabkan kanker mulut, tenggorokan, laring, esofagus, lambung, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan serviks. Para ilmuwan memperkirakan, 30 persen dari semua kematian akibat kanker di Amerika Serikat adalah karena kebiasaan merokok. Perokok pasif, orang yang menghirup asap rokok dari perokok di sekitarnya juga diketahui memiliki peningkatan risiko kanker.

Meskipun berhenti merokok tidak mengurangi risiko kanker ke tingkat seseorang yang tidak pernah merokok, berhenti merokok masih membantu. Menurut National Cancer Institute, orang yang berhenti merokok sebelum usia 30 memiliki risiko 90 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok (seperti kanker paru-paru, emfisema, dan bronkitis kronis), dan mereka yang berhenti sebelum usia 50 memiliki risiko 50 persen lebih rendah.

beware of fatal cancer

#2 - Hindari Karsinogen

Karsinogen adalah bahan kimia yang diketahui menyebabkan kanker. Asap rokok, seperti dibahas di atas, mengandung lebih dari 50 karsinogen. Karsinogen lainnya termasuk:
  • asbes
  • bensol
  • kadmium
  • nikel
  • radon
  • uranium
  • vinil klorida

#3 - Minimalkan Paparan Sinar UV dan Radiasi Lainnya

Sinar Ultraviolet (UV) radiasi dari matahari dapat merusak DNA dari sel-sel kulit dan menyebabkan kanker kulit. Ketika akan keluar di bawah sinar matahari, Anda disarankan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri dengan memakai topi, kacamata hitam, dan pakaian yang menutupi sebagian besar kulit Anda, atau dengan mengenakan tabir surya.

Bentuk radiasi lainnya -- seperti radon (gas radioaktif) di rumah Anda dan alat tes medis yang menggunakan radiasi (X-ray, CT scan) -- juga dapat menyebabkan kanker. Untuk menghindari paparan radiasi yang tidak perlu, periksa kadar radon di rumah Anda (dengan alat tes murah di toko-toko perangkat keras), dan hindari sinar-x yang berlebihan dan tes serupa bila memungkinkan.

#4 - Makan Makanan Sehat dan Berolahraga

Penelitian telah menunjukkan, diet tinggi lemak, daging merah dan olahan dapat meningkatkan risiko kanker kolon, prostat, dan kanker lainnya. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga berkaitan dengan kanker mulut, esofagus, dan hati. Di sisi lain, diet kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian telah menunjukkan dapat mengurangi risiko kanker sistem pencernaan, paru-paru, dan jenis kanker lainnya.

Berolahraga secara rutin juga dapat menurunkan risiko kanker Anda. Orang dewasa yang berolahraga moderat setidaknya 2,5 jam per minggu dapat menurunkan risiko kanker kolon sebesar sepertiga dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.
sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Cara Mencegah Kanker?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment