Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, October 4, 2015

Berapa Jumlah Darah Yang Diperlukan Untuk Transfusi Thalassemia

Berapa jumlah darah yang diperlukan untuk transfusi thalassemia itu tergantung dari beberapa faktor berikut ini:

Berat Badan
Semakin besar berat badannya semakin banyak darah itu diperlukan. Gambarannya begini saja, berat badan dikalikan 4 maka itulah jumlah darah yang diperlukan untuk menaikkan hb 1 point (g/dl). Jadi kalau thaller itu berat badannya misal 10kg, untuk menaikkan hb 1 point diperlukan darah kurang lebih 40 ml. Jika thalller itu berat badannya 5 kali lipatnya (=50kg)< maka dibutuhkan 5 kalinya juga untuk menaikkan hb 1 point, alias 5x40ml=200cc (1 kantong!) Kalau thaller berat badannya 70kg, perlu 280 ml untuk menaikkan hb 1 point..

Hemoglobin awal sebelum tranfusi dan hemoglobin akhir setelah tranfusi
Hemoglobin (hb)nya mau dinaiikan berapa point? semakin banyak kenaikkan hb yg dibutuhkan, semakin banyak pula darah yang diperlukan. Misal jika untuk thaller dengan berat badan 10 kg, dibutuhkan 40 ml untuk naik hb 1 point, dinaiikkan hbnya misal 4 point, ya dikali 4 saja. Jadi diperlukan total darah 40x4=160 ml.

Kalau berat badannya 50 kg, dinaikkan hbnya 4 point, maka diperlukan lima kalinya, alias 800 ml. Kalau berat badannya 70kg, dinaikkan hbnya 4 point, maka diperlukan 280x4= 1120 ml. Jadi semakin rendah hb awalnya, maka tentu kenaikkan yang diperlukan semakin banyak, semakin banyak pula darah yang diperlukan. Itu semua hitungannya linier saja kok, tinggal perkalian biasa saja.

Ukuran Limpa
Jika limpa sudah membesar, kerap dengan index 4 juga nggak akan mencukupi, bisa bergeser sampai 8, alias double kebutuhan darahnya. Misal thaller berat badannya 50kg, hb awal 8, hb akhir yang diharapkan 13. Jadi perlu dinaiikkan hbnya 5 point, diperlukan darah 1000 ml. Nah untuk yang limpanya sudah membesar, diperlukannya bisa lebih banyak lagi dari 1000 ml. Apakah boleh ditranfusikan sekaligus?

Tidak boleh! Tranfusi dibagi beberapa sesi, tergantung dari hb awalnya. Semakin rendah hb awalnya, semakin banyak perlu istirahat (jeda antar tranfusi), alias perlu lebih banyak sesi tranfusinya, meski total darahnya yang diperlukannya akan sama seperti yang dihitunga sebelumnya.

[Image source: dailytech]

Berapa kecepatan tranfusinya? Jika hb dibawah 5, kecepatan tranfusinya berkisar 2-3 ml/kgbb/jam saja. Jika hb diatas 8, kecepatan tranfusinya bisa 5 ml/kgbb/jam. Karena itulah, perhitungan penambahan darah itu bukan hal yang mudah, tapi itu sangat menentukan bagaimana kesehatan thaller dalam jangka panjangnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berapa Jumlah Darah Yang Diperlukan Untuk Transfusi Thalassemia

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment