Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Autodebet Untuk Bayar Iuran BPJS Kesehatan

Bagaimana sih caranya daftar autodebet untuk bayar iuran BPJS Kesehatan secara otomatis? Mengenai cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat autodebet dari bank BNI, Mandiri, dan BRI, sebenarnya peserta tinggal datang menuju ke kantor cabang bank BNI, Mandiri atau BRI, nanti petugas customer service akan memberikan formulir untuk diisi.

Sejak beberapa bulan yang lalu apabila kita akan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, sebagian kantor cabang BPJS Kesehatan mewajibkan melakukan pembayaran via autodebet, mungkin agar tidak terjadi tunggakan karena faktor lupa, malas dan tidak mengerti dengan sistem pembayaran dan berakibat tidak bisa digunakannya layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan itu sendiri. Setelah mendaftarkan autodebet lalu akan diberikan surat untuk pengambilan kartu BPJS Kesehatan dan akan aktif 14 hari kemudian.

Cara Daftar Autodebet Bank BNI Untuk Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Syarat wajib yang diperlukan untuk mendaftar Autodebet adalah sebagai berikut;
  1. Kartu Keluarga asli
  2. KTP asli pemilik rekening BNI
  3. Nomor Kepesertaan BPJS Kesehatan
  4. Alamat email yang aktif
  5. Rekening Bank BNI yang aktif. dibuktikan dengan buku tabungan

Tinggal datang ke Bank BNI dan menuju customer service dan nanti pihak customer sevice akan memberikan formulir dan harus diisi. Setelah selesai mengisi data yang diperlukan maka formulir tersebut akan dicopy dan dilegalisir oleh pihak customer service. Bagi peserta lama yang sudah mendapatkan kartu BPJS Kesehatannya, formulir legalisir tersebut menjadi pertinggal untuk peserta. Tapi bagi peserta baru, maka formulir legalisir tersebut diantarkan ke kantor BPJS Kesehatan dimana peserta mendaftar dan ditukarkan dengan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan yang dapat digunakan 14 hari setelah diberikan.

Biaya-Biaya
  1. Biaya Rp. 2.500/perserta yang mendaftarakan autodebet dari bank BNI. Jadi apabila dalam satu kartu keluarga ada 4 orang yang didaftarkan fasilitas pembayaran autodebet dari Bank BNI, maka akan dikenakan biaya Rp. 2.500 x 4 peserta = Rp. 10.000 yang dipotong dari saldo rekening BNI yang didaftarkan
  2. Biaya materai Rp. 6.000 (cash)

Setiap akhir bulan, peserta BPJS Kesehatan yang telah mendaftarkan fasilitas autodebet dari Bank BNI akan didebit uang dari rekening BNI aktifnya dan otomatis akan terbayarkan iuran BPJS Kesehatannya. Cara yang cukup mudah dan simple tanpa harus takut lupa membayar dan berujung pada tersendatnya fasilitas kesehatan yangseharusnya didapatkan. Tapi pastikan saldo di rekening mencukupi untuk dilakukan autodebet oleh sistem Bank BNI.

ilustrasi buku tabungan untuk bayar iuran bpjs via autodebet

Cara Daftar Autodebet Bank BRI Untuk Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Untuk cara bayar iuran BPJS Kesehatan via autodebet bank BRI tinggal datang ke kantor cabang bank BRI. Caranya kurang lebih sama dengan cara daftar autodebet bank BNI di atas.
  1. Datang ke kantor cabang bank BRI terdekat.
  2. Katakan kepada customer service kalau Anda ingin mendaftar sistem autodebet pembayaran iuran BPJS Kesehatan
  3. Setelah mengisi formulir dan diproses oleh petugas, dalam beberapa menit sistem autodebet sudah aktif.
  4. Pastikan saldo dalam rekening mencukupi untuk bayar iuran BPJS Kesehatan tiap bulan.

Cara Daftar Autodebet Bank Mandiri Untuk Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Untuk cara bayar iuran BPJS Kesehatan via autodebet bank Mandiri tinggal datang ke kantor cabang bank Mandiri. Caranya juga kurang lebih sama dengan cara daftar autodebet bank BNI di atas.

4 komentar untuk "Cara Daftar Autodebet Untuk Bayar Iuran BPJS Kesehatan"

  1. Memang menggunakan cara autodebet banyak membantu. Tapi jangan sampai pada saat tanggal uang kita diambil, uangnya tidak ada. Biasanya banyak yang lupa ngeceknya.

    BalasHapus
  2. kalo saldo kosong apa bisa minus nantinya kalau lupa bayar... soalnya belum coba daftar sebagai peserta mandiri...

    BalasHapus
  3. persis kang dengan mendaftarkan diri autodebet pembayaran iuran bpjs akan dimudahkan dan anti nunggak...

    BalasHapus
close