Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanda Dan Gejala Penyakit Ginjal Kronik

Sebagian besar orang yang mengidap Penyakit Ginjal Kronik (CKD) tidak menunjukkan gejala apapun sampai skala kerusakan yang besar karena tubuh mereka sendiri dapat mentolerir kerusakan akibat ginjal yang tidak berfungsi.

Para penderita ini pun tidak sadar dan tidak menunjukkan gejala apapun sampai situasi menjadi kritis.

Berikut tanda dan gejala dari Penyakit Ginjal Kronik (CKD) tersebut:

1. Sering Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil sering terjadi di malam hari. Terkadang, anda akan merasakan dorongan ingin buang air kecil tetapi anda tidak dapat buang air kecil.

2. Pembengkakan Kaki

Ketika ginjal tidak lagi mampu untuk membuang sampah dan cairan yang tidak perlu dari tubuh, limbah atau cairan yang tidak terbuang akan menyebabkan pembengkakan tangan, kaki ,dan pergelangan tangan.

3. Tekanan Darh Tinggi (Hipertensi)

4. Disfungsi Ereksi dan Penurunan Minat Seksual pada Pria

5. Darah Dalam Urin

6. Kelelahan dan Fisik Lemah

Dalam penyakit ginjal kronik, penderita akan mengalami pernurunan hormone erythropoietin. Yang berakibat sel darah merah akan menurun dan mengakibatkan anemia, sehingga pasokan oksigen ke sel-sel akan menurun. Hal ini yang menyebabkan mudah lelah dan lemas (fisik lemah).

7. Mual dan Muntah

Jika ginjal tidak mampu menyaring dan menghilangkan limbah sehingga limba tersebut akan menumpuk di dalam tubuh. Hal tersebut akan menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual dan muntah.

8. Ruam di Kulit dan Gatal-Gatal

Karena produk limbah dan cairan yang tidak terbuang itu yang menyebabkan ruam kulit dan gatal-gatal.

9. Sesak Napas

Pada penyakit ginjal kronik, ginjal tidak dapa menghapus produk limbah dan caiaran dari tubuh. Cairan yg tidak terbuang itu akan menupuk didalam tubuh, terutama di paru-paru, hal ini yang menyebabkan sesak napas.

10. Nyeri Punggung, dada, sendi dan kram otot

Terkadang cairan kista pada ginjal akan menumpuk disekitar selaput jantung, hati, dan paru-paru yang menyebabkan rasa sakit di punggung, dada, dan sendi.
sumber: kpcdi.org

Posting Komentar untuk "10 Tanda Dan Gejala Penyakit Ginjal Kronik"

close