Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, September 11, 2016

Pengaturan Makanan Yang Sehat

Pengaturan makanan yang sehat, salah satunya adalah dengan mengatur komposisi makanan yang ada di piring. Berikut ini adalah contoh "eating plate" yang sehat.

Biji-bijian utuh

Pilihlah jenis biji-bijian utuh seperti gandum, dan batasi konsumsi biji-bijian olahan seperti beras putih, dan roti tawar. Konsumsi yang berlebihan dapat meningkatkan berat badan dan resiko penyakit jantung dan diabetes.

Protein yang sehat
Pilihlah ikan, ayam, kacang-kacangan, sebagai sumber protein yang mengandung juga zat gizi lainnya. Batasi daging merah, dan daging olahan, bahkan walaupun hanya porsi kecil secara rutin, dapat meningkatkan resiko sakit jantung, diabetes, kanker usus, dan berat badan naik.

Sayuran

Makanlah sayur-sayuran yang bervariasi, dengan jumlah yang lebih banyak. Kecuali untuk kentang, karena akan mudah meningkatkan gula darah, jadi batasi konsumsinya.

Buah-buahan

Makanlah buah-buahan dengan warna-warna yang bervariasi.

Minyak sehat

Olive oil (minyak zaitun), minyak canola, minyak jagung, dan minyak bunga matahari, disarankan untuk digunakan. Lemak sehat ini akan mengurangi kolesterol dan baik untuk jantung. Batasi penggunaan margarin dan jenis makanan berlemak.

Air

Minum air putih yang cukup, karena secara alami tidak mengandung kalori, atau kopi dan teh tanpa/sedikit gula. Hindari minuman manis karena ini yang menyebabkan kegemukan, dan akhirnya menjadi diabetes. Batasi minum susu hingga 1-2 gelas per hari. Perhatikan dan batasi juga minum jus buah yang terlalu manis.

Tetap Aktif

Tetap aktif adalah rahasia dari mengkontrol berat badan. Selebihnya adalah makan sehat dengan porsi yang sederhana (tidak berlebihan), sesuai kebutuhan kalori.


Sumber: HSPH Harvard

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengaturan Makanan Yang Sehat

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment