Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klaim Asuransi Kesehatan Cashless vs Reimbursement, Apa Bedanya?


Apa perbedaan klaim asuransi kesehatan cashless vs reimbursement? Sistem klaim asuransi kesehatan untuk rawat jalan dan rawat inap dibagi menjadi dua metode, yaitu cashless (tanpa uang tunai) dan reimbursement (membayar ganti). Namun, apakah Anda sudah memahami perbedaan antara keduanya?

Asuransi kesehatan cashless adalah klaim pengobatan tanpa uang tunai saat Anda membutuhkan pengobatan di rumah sakit, Anda tidak perlu mengeluarkan uang saat berobat. Sedangkan asuransi kesehatan reimbursement adalah klaim pengobatan dengan menggunakan uang pribadi di muka, kemudian Anda dapat mengklaim penggantian ke perusahaan asuransi.

Nah jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memiliki perlindungan asuransi kesehatan yang tepat, baca dulu ulasan berikut ini.

Apa perbedaan antara klaim asuransi kesehatan melalui sistem cashless dan reimbursement?


Memilih asuransi kesehatan terbaik sama sekali tidak boleh sembarangan dan harus dipikirkan secara matang. Itu sebabnya, Anda harus mengetahui seluk-beluk sistem asuransi kesehatan sebelum memutuskan yang terbaik menurut Anda.

Sebagian besar perusahaan asuransi kesehatan menawarkan dua jenis metode pembayaran (klaim), yaitu cashless dan reimbursement. Sebenarnya, apa perbedaan antara kedua jenis metode tersebut?

Sistem klaim asuransi kesehatan cashless dilakukan tanpa uang tunai, klaim reimbursement menggunakan uang pribadi di muka


Jika Anda memilih klaim asuransi kesehatan sistem cashless, semua biaya yang Anda butuhkan saat dirawat, baik rawat jalan maupun rawat inap, di klinik atau rumah sakit akan dibayarkan langsung oleh asuransi tersebut. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Tetapi jika biaya pengobatan berada di luar batas pertanggungan asuransi kesehatan, Anda harus membayar sisanya.

Sementara itu, klaim dengan sistem reimbursement mengharuskan Anda untuk mengurus dan membayar semua biaya pengobatan di muka dengan uang pribadi. Setelah semua pengobatan selesai, Anda dapat mengklaim penggantian ke perusahaan asuransi.

Hampir sama dengan asuransi dengan sistem cashless, sistem reimbursement juga memiliki batas biaya yang dapat diganti. Ketika total biaya pengobatan rawat jalan atau rawat inap yang Anda terima berada di luar tanggung jawab perusahaan asuransi, kelebihan biaya tidak tergantikan.

Dengan asuransi kesehatan sistem cashless ini, rumah sakit akan mengurus klaim Anda


Menggunakan asuransi kesehatan dengan sistem klaim cashless akan memudahkan Anda. Sebab, Anda tidak perlu melakukan klaim apa pun terhadap asuransi. Fasilitas kesehatan yang merawat Anda adalah pihak yang akan membayar biaya pengobatan Anda dan mereka yang melakukan klaim terhadap perusahaan asuransi. Tetapi pertama-tama Anda harus menunjukkan kartu asuransi kesehatan Anda kepada staf rumah sakit sebelum memulai pengobatan, baik rawat jalan maupun rawat inap.

Nah, sebaliknya untuk klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement, Anda sendiri yang akan mengurus semua prosedur yang diperlukan untuk mendapatkan penggantian dari perusahaan asuransi Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus memasukkan semua dokumen yang terkait dengan administrasi perawatan kesehatan yang telah dilakukan, termasuk nama pasien dan tempat perawatan; catatan pemeriksaan kesehatan; biaya administrasi; hingga biaya perawatan kesehatan, sebagai bukti perawatan rawat jalan atau rawat inap Anda. Hanya setelah itu Anda bisa mendapatkan pembayaran ganti rugi.

Asuransi kesehatan cashless dan reimbursement memiliki cakupan fasilitas kesehatan yang berbeda

Selain memiliki perbedaan dalam metode pembayaran dan pengajuan klaim, kedua asuransi kesehatan ini juga memiliki cakupan fasilitas kesehatan tempat berobat yang dapat menanggung pengobatan. Tidak semua fasilitas kesehatan (rumah sakit, klinik, dll) dapat menerima pembayaran asuransi dengan sistem klaim cashless.

Di sisi lain, hampir seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia memfasilitasi pembayaran klaim asuransi reimbursement untuk membayar ganti rugi. Ini karena pembayaran biaya dapat dilakukan di muka, oleh karena itu sebenarnya seperti membayar pengobatan dengan uang pribadi. Hanya saja, setelah itu, Anda harus mengajukan klaim penggantian ketika pengobatan rawat jalan atau rawat inap selesai.

Untuk itu, Anda harus lebih teliti dalam memilih tujuan fasilitas kesehatan untuk pengobatan yang cocok untuk jenis asuransi kesehatan Anda.

Jadi, pilih asuransi kesehatan cashless atau reimbursement?


Pada dasarnya, berbagai jenis klaim asuransi kesehatan yang ada saat ini memiliki komitmen yang sama yaitu untuk melindungi diri Anda dan kesehatan keluarga Anda.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan asuransi kesehatan cashless dan reimbursement, pilihan terakhir ada di tangan Anda, tentukanlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang Anda miliki.

Posting Komentar untuk "Klaim Asuransi Kesehatan Cashless vs Reimbursement, Apa Bedanya?"

close