Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu AIDS: Gejala Dan Tahapan HIV Menjadi AIDS

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan AIDS, yang merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan membuatnya rentan terhadap berbagai infeksi yang mengancam nyawa dan kanker.

Bakteri, jamur, parasit, dan virus yang biasanya tidak menyebabkan penyakit serius pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat menyebabkan penyakit fatal pada orang dengan AIDS.

HIV dapat ditemukan dalam air liur, air mata, sistem jaringan saraf dan tulang belakang, darah, air mani (termasuk cairan pra-mani, cairan yang keluar sebelum ejakulasi), cairan vagina, dan air susu ibu. Namun, hanya darah, air mani, cairan vagina, dan ASI umumnya yang menularkan infeksi kepada orang lain.

AIDS tidak ditularkan ke orang yang mendonorkan darah atau organ. Mereka yang mendonorkan organ tidak pernah bersentuhan langsung dengan penerimanya. Demikian juga, orang yang mendonorkan darah tidak bersentuhan langsung dengan orang yang menerima. Dalam semua prosedur ini, jarum suntik dan instrumen steril digunakan.

Namun, HIV dapat ditularkan ke orang yang menerima darah atau organ dari donor yang terinfeksi. Untuk mengurangi risiko ini, bank darah dan program donor organ mengharuskan skrining pendonor, darah, dan jaringan secara menyeluruh.

Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember

Gejala AIDS

AIDS dimulai dengan infeksi HIV. Orang yang terinfeksi HIV mungkin tidak memiliki gejala selama 10 tahun atau lebih, namun mereka masih dapat menularkan infeksi kepada orang lain selama periode bebas gejala ini. Jika infeksi ini tidak terdeteksi dan diobati, sistem kekebalan tubuh melemah secara bertahap dan mengembangkan AIDS.

Infeksi HIV akut berkembang dari waktu ke waktu (biasanya beberapa minggu ke bulan) menjadi infeksi HIV asimtomatik (tanpa gejala) dan kemudian menjadi infeksi HIV simtomatik. Kemudian, berkembang menjadi AIDS (infeksi HIV tingkat lanjut dengan jumlah CD4 T-cell di bawah 200 sel / mm3).

Hampir semua orang yang terinfeksi HIV, jika tidak diobati, akan mengembangkan AIDS. Ada sekelompok kecil pasien yang sangat lambat mengembangkan AIDS, atau tidak pernah sama sekali. Pasien-pasien ini disebut nonprogressors, dan diantara mereka tampaknya memiliki genetik yang berbeda yang dapat mencegah virus merusak sistem kekebalan tubuh mereka.

Gejala-gejala AIDS yang utama adalah akibat dari infeksi yang biasanya tidak berkembang pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini disebut infeksi oportunistik.

Orang dengan AIDS memiliki sistem kekebalan tubuh yang rusak akibat HIV dan sangat rentan terhadap infeksi oportunistik. Gejala umum dari AIDS adalah:
  • Panas dingin
  • Demam
  • Berkeringat (terutama pada malam hari)
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Kelemahan
  • Penurunan berat badan

HIV menyerang T-cells

Pencegahan AIDS

  • Edukasi diri tentang seks yang aman untuk mengenal bagaimana mengurangi risiko tertular atau menyebarkan HIV, dan penyakit seksual menular lainnya.
  • Jangan menggunakan obat-obatan terlarang dan tidak berbagi jarum suntik. 
  • Hindari kontak dengan darah orang lain. Pakaian pelindung, masker, dan kacamata saat mengobati orang yang terluka (luka terbuka).
  • Siapapun yang dites memiliki HIV-positif dapat menularkan penyakit kepada orang lain dan tidak boleh mendonorkan darah, plasma, organ tubuh, atau sperma. Orang yang terinfeksi harus memberitahu pasangan tentang status HIV-positif mereka. Mereka seharusnya tidak bertukar cairan tubuh selama aktivitas seksual, dan harus menggunakan langkah-langkah pencegahan apapun (seperti kondom) yang akan memberikan perlindungan kepada pasangan mereka.
  • Wanita dengan HIV-positif yang ingin hamil harus mencari konseling tentang risiko untuk calon bayinya, dan metode untuk membantu mencegah bayi mereka terinfeksi. Penggunaan obat tertentu secara dramatis mengurangi risiko bayi akan terinfeksi selama kehamilan.
  • Wanita yang terinfeksi HIV sebaiknya menghindari menyusui untuk mencegah penularan HIV ke bayi melalui ASI.

AIDS terjadi saat HIV menghancurkan banyak sel-sel tubuh Anda

Pengobatan AIDS

Tidak ada obat yang menyembuhkan AIDS saat ini. Namun, berbagai perawatan yang tersedia dapat membantu menekan gejala dan meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang telah mengembangkan gejala.

Terapi antiretroviral (ART) dapat menekan replikasi virus HIV di dalam tubuh. Kombinasi dari beberapa jenis obat antiretroviral, yang disebut highly active antiretroviral therapy (HAART), sangat efektif dalam mengurangi jumlah partikel HIV dalam aliran darah. Ini diukur dengan viral load (berapa banyak virus yang ditemukan dalam darah). Mencegah virus dari replikasi dapat meningkatkan jumlah T-sel dan membantu sistem kekebalan tubuh pulih dari infeksi HIV.

Terapi antiretroviral bukan obat yang menyembuhkan HIV

Pengobatan dengan ART memiliki komplikasi. ART adalah kumpulan obat yang berbeda, masing-masing memiliki efek samping sendiri. Beberapa efek samping yang umum diantaranya:
  • Pengumpulan lemak di bagian belakang ("punuk kerbau") dan perut
  • Perasaan sakit yang umum (malaise)
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kelemahan
sumber: doctorssolution

2 komentar untuk "Apa Itu AIDS: Gejala Dan Tahapan HIV Menjadi AIDS"

  1. HIV/AIDS termasuk kategorii penyakit autoimun yah mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mas, AIDS ini berasal dari infeksi HIV yang menyebabkan pelemahan sistem imun secara bertahap.

      Kalau autoimun, sistem imun menjadi "error" tidak dapat membedakan zat asing dengan jaringan tubuh yang sehat.

      Hapus
close