10 Hal Tentang Psoriasis Yang Harus Anda Ketahui


Saat melakukan perjalanan bisnis yang membutuhkan penerbangan, kebanyakan orang hanya membawa tas jinjing untuk perjalanan singkat, tetapi orang dengan psoriasis harus membawa sejumlah losion, ramuan, semprotan, krim, dan salep yang harus digunakan setiap hari untuk mengontrol gejala psoriasis. Ini hanya salah satu contoh cara tak terduga bagaimana psoriasis dapat memengaruhi hidup penderitanya. Dan ini pasti terjadi pada siapa saja yang hidup dengan kondisi penyakit kronis.

Berikut adalah beberapa hal tentang psoriasis yang harus Anda ketahui atan beberapa hal lain yang mungkin mengejutkan Anda tentang psoriasis:

1. Psoriasis adalah penyakit autoimun dengan komponen genetik, dan seringkali peristiwa dalam hidup dapat mengaktifkan gen penyebab psoriasis. Pada psoriasis, sistem kekebalan tubuh terlalu aktif sehingga menyebabkan inflamasi/peradangan dan sel-sel kulit baru terbentuk hingga lima kali lebih cepat dari biasanya.

2. Ada tujuh jenis psoriasis, mulai dari ringan (beberapa area kulit) hingga parah (hampir menutupi seluruh tubuh).

3. Psoriasis tidak menular, meskipun bisa disalahpahami sebagai penyakit kulit menular seperti cacar air.

4. Perawatan psoriasis bisa mahal: dari obat resep hingga suplemen, hingga krim paliatif, tagihan biaya pengobatan psoriasis bisa cukup mahal.

5. Psoriasis dapat menghabiskan waktu sehari-hari - dari aplikasi obat dua kali sehari hingga pengelupasan kulit secara teratur, hingga menyiapkan ramuan herbal atau mengikuti diet yang rumit, psoriasis dapat memakan banyak waktu sehari-hari.

6. Kebanyakan orang dengan psoriasis menjalani beberapa jenis perawatan psoriasis - mulai dari obat-obatan sistemik hingga modifikasi diet, dan perawatan tersebut mungkin memiliki efek samping yang mungkin tidak Anda pahami. Misalnya, sinar UV adalah pengobatan umum untuk psoriasis dan dapat membuat kulit pasien menjadi cokelat.

7. Teman-teman Anda yang menderita psoriasis mungkin sangat pilih-pilih makanan atau diet untuk alasan yang baik. Bagi sebagian orang, makanan atau minuman tertentu menyebabkan kekambuhan yang tidak menyenangkan.

8. Orang dengan psoriasis mungkin harus ekstra hati-hati agar tidak terluka. Sekitar 10 persen orang dengan psoriasis memiliki fenomena Koebner – di mana lesi psoriasis akan muncul di mana pun kulit rusak – bahkan pada luka yang paling ringan sekalipun.

9. Psoriasis bisa menyakitkan – mulai dari gatal, kulit kering pecah-pecah dan berdarah, hingga sensasi menyengat. Orang dengan psoriasis mungkin sering merasa tidak nyaman secara fisik.

10. Psoriasis bisa muncul dalam keadaan kekambuhan yang berlangsung dari hari ke hari hingga tahun ke tahun, dan kemudian mengalami remisi untuk waktu yang bervariasi. Masa kambuh dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari, dan saat remisi sering menjadi fokus utama untuk menjaga obat-obatan, diet dan gaya hidup agar tetap seperti itu.

Dengan mengetahui hal-hal tentang psoriasis ini dapat membantu Anda memahami kondisi orang-orang dengan psoriasis. Sebagian besar orang dengan psoriasis dan kondisi kulit kronis lainnya ingin orang yang mereka cintai memahami apa yang mereka hadapi, tapi bukan mendefinisikan mereka karena penyakitnya.

Demikianlah artikel 10 hal tentang psoriasis yang harus anda ketahui. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.
Sumber: http://positivemed.com/2015/07/06/10-things-you-probably-dont-know-about-psoriasis/

0 Comments

Posting Komentar