Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, December 4, 2014

Kenali 20 Gejala Lupus Yang Muncul Di Tubuh Anda

Lupus, yang juga disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah penyakit auto-imun sistemik yang menyebabkan peradangan di seluruh organ tubuh seperti, kulit, darah, persendian, ginjal, jantung, paru-paru, otak dan lainnya.

Berdasarkan data Yayasan Lupus Indonesia (YLI), jumlah penyandang lupus di Indonesia pada tahun 2013 sejumlah 13.300 jiwa. Di samping itu, diperkirakan lebih dari lima juta orang di seluruh dunia terkena penyakit Lupus, di mana penyakit itu menyerang sebagian besar wanita pada usia produktif. Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa, Indonesia termasuk negara yang memiliki penyandang Lupus dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai penyakit lupus, mari kenali 20 gejala lupus dan efeknya yang bisa saja muncul di tubuh Anda.


1. Wajah Orang Dengan Lupus
Dua gejala yang paling umum dari orang dengan lupus (odapus) adalah ruam seperti kupu-kupu di wajah dan sangat sensitiv sekali terhadap matahari.
2. Rambut rontok
Rambut rontok dan mudah patah sering terjadi pada gejala awal dari lupus
3. Lupus di mulut
Selain dari obat lupus yang bisa menyebabkan lesi di dalam pipi, bibir bawah dan langit-langit mulut. Mulut kering karena secondary Sjogren's syndrome bisa menyebabkan pembusukan gigi, penyakit gusi dan kesulitan menelan.
4. Lupus di kerongkongan
Peradangan di kerongkongan bisa menyebabkan kesulitan menelan, naiknya asam lambung, rasa panas di dada, dan banyak sendawa.
5. Lupus di lambung
Lupus bisa menyebabkan mual, diare dan sembelit. Menggunakan anti radang non-steroid bisa meningkatkan risiko pendarahan ulkus. Ulkus juga disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.
6. Lupus di rongga perut
Saat lapisan dalam perut mengalami peradangan, yang bisa disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam perut. Gejalanya termasuk nyeri perut, mual, muntah, demam, dan sembelit.
7. Masalah pancreas
Lupus bisa meningkatkan risiko peradangan pada pancreas, beberapa obat lupus justru meningkatkan risiko ini.
8. Lupus di usus besar dan dubur
Lupus bisa menyebabkan ulkus di lapisan usus besar dan dubur, menyebabkan diare berdarah.
9. Lupus di hati/liver
Hati/liver bisa menjadi meradang, membesar atau menguning. Orang-orang dengan lupus  juga cenderung untuk menderita autoimun hepatitis.
10. Lupus di ginjal
Ginjal mengalami peradangan, tapi mungkin juga bukan karena lupus. Hasil tes darah dan urin bisa mendeteksi masalah pada ginjal.
11. Efek lupus dalam darah
Salah satu gejala lupus adalah anemia atau jumlah sel darah merah yang rendah. Lupus juga bisa meningkatkan kemungkinan dari penggumpalan darah.
12. Keterlibatan pembuluh darah
Peradangan pembuluh darah dapat menghambat aliran darah atau memecahkan pembuluh darahnya, yang menyebabkan pendarahan dalam jaringan. Biasanya di kulit akan muncul warna ungu atau bintik merah dan bisa menyebabkan kerusakan jaringan. Penyumbatan aliran darah pada panggul yang umumnya terjadi pada orang dengan Rheumatoid Arthritis bisa menyebabkan nyeri saat berjalan.
13. Lupus pada jantung
Peradangan pada otot jantung atau pada katupnya dapat menyebabkan nyeri dada. Peradangan kronis bisa menyebabkan luka jaringan parut, terhambatnya aliran darah dan penggumpalan darah.
14. Lupus pada mata
Lupus bisa berkembang menjadi secondary Sjogren's syndrome pada mata yang menyebabkan mata kering yang ekstrim.
15. Lupus pada otak
Peradangan pada pembuluh darah di dalam otak bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, merubah mood, kesulitan konsentrasi dan kejang.
16. Kehamilan dan lupus
Wanita yang hamil punya risiko menurunkan lupus pada anaknya.
17. Pembengkakan kelenjar
Peradangan yang disebabkan lupus bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar di seluruh tubuh.
18. Lupus di paru-paru
Peradangan pada paru-paru bisa menyebabkan kesulitan bernafas atau rasa sakit saat bernafas.
19. Masalah pada persendian
Peradangan pada persendian dapat menyebabkan pembengkakan, kaku, rasa sakit, dan gerakan yang terbatas.
20. Lupus pada otot
Beberapa orang dengan lupus mengalami nyeri otot.

(sumber: healthline.com)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali 20 Gejala Lupus Yang Muncul Di Tubuh Anda

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment