Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, May 1, 2015

Empat Alasan Kenapa MSG Tidak Berbahaya

Penggunaan MSG ke dalam seporsi makanan masih dianggap menakutkan oleh banyak orang. Mereka beranggapan, MSG merupakan bumbu penyedap rasa yang tidak menyehatkan dan berbahaya bagi tubuh.

Faktanya, MSG telah digunakan secara aman selama lebih dari 100 tahun untuk membumbui makanan. Selama jangka waktu ini, banyak penelitian telah dilakukan untuk memperjelas peranan, manfaat, dan keamanan MSG. Pada saat ini, badan-badan internasional dan nasional untuk keamanan zat tambahan makanan menganggap MSG aman untuk dikonsumsi manusia sebagai penguat cita rasa.

# Sikap pertengahan tentang MSG penyedap makanan

Ketika bekerja di puskesmas dulu, ada penyuluhan resmi dari Departemen Kesehatan yang menyatakan bahwa anggapan MSG berbahaya salah total sehingga orang harus antipati MSG

Menurut penyuluhan itu MSG tidak berbahaya dengan alasan (yang masih saya ingat):

1. Selain cita rasa manis, asin dan lain-lain, ada lagi cita rasa "umami" yaitu cita rasa gurih di lidah kita, inilah rasa dari MSG dan ini normal, bukan seperti anggapan rasa vetsin/MSG yang indentik dengan bahaya.

2. Beberapa makanan juga ada kandungan monosodium glutamatnya.

3. Anggapan bahwa makanan ringan yang ada MSG berbahaya, itu bukan karena MSG-nya tetapi karena pengolahannya (fastfood) dan anak-anak kalau sering makan jajanan jadi tidak mau makan nasi dan sayur bergizi.

4. Sampai sekarang belum ada jurnal ilmiah yang mengatakan MSG bisa menyebabkan kanker dan berbahaya, hanya asumsi-asumsi saja.

Kami mengambil pendapat pertengahan, tetap tidak berlebihan MSG dan tidak juga antitotal dengan penggunaan MSG. Karena memang kenyataan yang tidak dipungkiri MSG membuat masakan menjadi lebih enak.


Informasi ini sekedar sharing , silahkan memilih apa yang menjadi keyakinan anda
Sumber: dr. Raehanul Bahraen

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Empat Alasan Kenapa MSG Tidak Berbahaya

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. Yang penting jangan berlebihan ketika menggunakannya untuk penyedap makanan kang, kalau ngga pake rasanya tidak nikmat.....kalaupun diganti dengan yang lain mungkin ga bisa ngalahin MSG

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gantinya dengan masako. tapi tetap aja gak seenak MSG kang.

      Delete
  2. iya mas. saya juga termasuk orang yang takut mengkomsumsi MSG, karena katanya bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. kan bahaya juga kalau udah begitu. ternyata gak bahaya juga ya mas.....jadi ketipu saya selama ini....ok makasih infonya yang mencerahkannya. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
  3. aku nngak pernah lagi konsumsi saya cuma pake garam mah gula pak

    ReplyDelete
  4. Yang penting ngga konsumsi secara berlebihan aja ya, Bang.. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu ngga baik :D

    ReplyDelete