Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, May 4, 2015

Apa Itu Fibromyalgia: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Fibromyalgia adalah sindrom yang secara keseluruhan ditandai dengan nyeri yang menyebar dan kelelahan luar biasa yang dapat melemahkan. Ada beberapa karakteristik dari fibromyalgia syndrome (FMS) yang meliputi:
  • Nyeri sendi dan nyeri otot yang signifikan. Para dokter telah mengidentifikasi "poin pemicu" yang hadir di seluruh tubuh yang bisa menimbulkan rasa sakit di daerah tertentu ketika tekanan ringan diterapkan. Orang yang memiliki FMS bisa mengeluh nyeri di seluruh tubuh.
  • Kelelahan yang signifikan, terutama dengan aktivitas fisik moderat. Beberapa orang melaporkan membutuhkan beberapa hari untuk pulih dari apa yang bagi orang lain mungkin hanya aktivitas fisik ringan.
  • Orang dengan FMS bisa mengeluh tidak mampu untuk mendapatkan tidur malam yang baik.
  • Orang dengan FMS mungkin mengeluh sering sakit kepala dan juga dapat menderita depresi
  • Nyeri berulang di perut, diare dan / atau sembelit yang mungkin disebabkan terkait Irritable Bowel Syndrome (IBS)
Ilustrasi fibromyalgia/WebMD.com

Penyebab Fibromyalgia Syndrome (FMS)
Penyebab fibromyalgia masih belum diketahui secara pasti; Namun, pengembangan FMS biasanya diduga terjadi setelah adanya "stressor" yang signifikan. Stressor mungkin melibatkan penyakit lain yang sedang diderita, termasuk trauma fisik atau psikologis. Bagi sebagian orang, stressor-nya bisa sederhana seperti mengkonsumsi antibiotik yang dapat mengubah flora usus dan memicu kekambuhan dari FMS.

Telah ada banyak penelitian dilakukan pada reseptor rasa sakit dalam tubuh. Reseptor ini dapat melakukan lebih dari sekedar memodulasi nyeri; mereka juga mungkin memiliki peran dalam pengembangan FMS tetapi FMS dapat juga dikembangkan dari penyakit autoimun / sindrom rematologi.

Apakah Fibromyalgia merupakan kondisi autoimun?
Tidak, Fibromyalgia Syndrome BUKAN kondisi autoimun. Catatan, namun demikian, FMS mungkin terjadi dengan sendirinya atau dapat berdiri sendiri, tetapi juga dapat terjadi bersamaan dengan penyakit autoimun lainnya.

Apa kondisi medis lainnya yang berhubungan dengan FMS?
Fibromyalgia dapat sangat terkait dengan banyak kondisi lain. Mereka dapat mencakup:

Apa pengobatan konvensional untuk FMS?
Pengobatan konvensional untuk FMS melibatkan penggunaan obat resep untuk mengurangi rasa sakit dan kecacatan yang terkait dengan kondisi ini. Obat yang biasa diresepkan termasuk:
  • Pregabalin (Lyrica): Obat ini bekerja dengan memperlakukan saraf dan / atau nyeri otot dan ditandai FDA untuk pengobatan FMS. Obat ini biasanya memiliki dosis 75 mg dua kali sehari, dengan penyesuaian dosis jika pasien memiliki penyakit ginjal. Efek samping bisa termasuk lesu, lemah, pembengkakan dan reaksi alergi.
  • Duloxetine (Cymbalta): Obat ini juga digunakan untuk pengobatan nyeri, termasuk nyeri saraf dan telah digunakan dalam pengobatan depresi juga. Potensi efek samping dapat termasuk mengantuk, mudah memar, penurunan nafsu makan dan / atau sembelit.
  • Antidepresan Tricyclic juga telah digunakan dalam pengobatan tidak hanya rasa sakit tetapi juga depresi. Antidepresan lain, termasuk Fluoxetine (Prozac) dan sertraline (Zoloft), juga telah diteliti tidak hanya untuk pengobatan depresi, tetapi juga untuk nyeri fibromyalgia. Obat-obatan ini dapat memiliki apa yang disebut "antikolinergik" efek samping yang dapat mencakup mulut kering, konstipasi, dan retensi urin.
Gambar: beingfobromom.com

"12 Mei adalah hari kesadaran untuk Fibromyalgia"

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Fibromyalgia: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment