Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, July 10, 2015

Tanya Jawab Tentang Rheumatoid Arthritis

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait rheumatoid arthritis (RA) yang mewakili pertanyaan Anda. Semoga membatu Anda yang baru terdiagnosa rheumatoid arthritis.

Sudah beberapa bulan ini persendian saya terasa kaku dan sakit, saya juga merasa sangat lelah. Apakah saya terkana rheumatoid arthritis?
Gejala umum dari RA adalah kekakuan di pagi hari, pembengkakan dan nyeri pada sendi, yang biasanya simetris (terutama pada kedua tangan, kedua pergelangan kaki, dan kedua lutut). Anda mungkin saja terkena rheumatoid arthritis, tetapi hanya dokter ahli rheumatology yang dapat menentukan secara pasti. Kalau Anda pengguna BPJS, bicarakan dengan dokter di fasilitas kesehatan primer untuk mendapatkan rujukan.

Saya rasa saya terkena rheumatoid arthritis, tapi dokter bilang hasil tes darah saya negatif?
Hingga 20-30 persen orang dengan RA adalah seronegatif, yang artinya tes darah umum untuk RA yaitu Rheumatoid Factor hasilnya negatif. Tes darah lain, seperti Anti-CCP lebih dapat diandalkan. Namun, sebagian besar dokter ahli rheumatologi akan menegakkan diagnosis berdasarkan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik, sedangkan pemeriksaan tes darah adalah untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Saya khawatir harus minum obat-obatan rheumatoid arthritis. Kalau saya ingin sehat, bukankah harus menghindari bahan kimia?
Bagi kebanyakan pasien, obat-obatan diperlukan untuk menekan RA. Tanpa obat, penyakit Anda akan berkembang, menyebabkan kerusakan sendi yang dapat mempengaruhi mobilitas Anda di kemudian hari. Obat juga dapat melindungi Anda dari efek sistemik RA, seperti peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Obat memiliki efek samping yang berbahaya, dan saya takut. Apa yang harus saya lakukan?
Perusahaan farmasi harus mencantumkan setiap efek samping yang mungkin terjadi, dan itu menakutkan kalau dibaca. Efek samping umum dari rheumatoid arthritis adalah kelelahan dan gejala gastrointestinal (gangguan lambung/pencernaan). Namun kebanyakan orang dapat mengelola efek samping dan menjalani hidup mereka.

Bagaimana saya harus membayar dokter dan obat-obatan yang biayanya tidak sedikit?
Kalau Anda tidak memiliki asuransi kesehatan, ada program Jaminan Kesehatan Nasional dari pemerintah yang bisa meringankan biaya pengobatan. Segera urus BPJS mandiri, bisa secara online atau datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Apakah RA bisa sembuh? Atau apakah saya harus memiliki RA selama sisa hidup saya?
Rheumatoid arthritis adalah penyakit kronis yang sampai saat ini belum bisa disembuhkan. Namun, sekarang ada lebih banyak pilihan pengobatan daripada sebelumnya. Itu berarti juga bahwa lebih banyak orang yang bisa masuk ke tahap remisi dan menjalani hidup yang normal. Tidak semua orang bisa masuk remisi, tetapi mungkin menekan aktivitas penyakit seminimal mungkin.

Bagaimana saya bisa bekerja sementara tubuh saya didera banyak rasa sakit? Apa yang bisa saya lakukan?
Bicaralah dengan dokter tentang seberapa banyak rasa sakit mempengaruhi hidup Anda. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengontrol nyeri dengan baik, mintalah rujukan ke spesialis manajemen nyeri untuk pengelolaan nyeri dengan pendekatan multidisiplin.

Apakah rheumatoid arthritis berbeda dengan osteoarthririts?
RA sangat berbeda dengan osteoarthritis. Osteoarthritis disebut juga sebagai "keausan arthritis," yang biasanya terjadi karena efek penuaan atau cedera. Sementara RA adalah penyakit autoimun kronis yang biasanya berkembang antara usia 30 - 50 tahun. Ini berarti bahwa sistem kekebalan tubuh menjadi kacau dan menyerang jaringan tubuh sendiri. Karena itu RA juga diobati dengan obat imunosupresan.

Saya dulu sering berolahraga, tapi berhenti setelah didiagnosis RA. Bisakah saya berolahraga dengan RA?
Tetap aktif adalah cara terbaik untuk tetap sehat dan menjaga pergerakan sendi. Bicarkan kepada dokter ahli rheumatology Anda untuk berkonsultasi dengan dokter ahli terapi fisik yang dapat mengembangkan program latihan yang dapat membantu Anda tetap fit, sekaligus melindungi persendian dari stres berlebih.

Saya merasa lelah sepanjang waktu, bagaimana saya bisa hidup seperti ini?
Rheumatoid arthritis itu sendiri datang dengan kelelahan kronis (kelelahan yang tidak hilang walaupun sudah beristirahat). Selain itu, rasa sakit dan obat-obatan juga dapat membuat Anda lelah. Pengelolaan tanaga dan bekerja dalam batas kemampuan Anda dapat membantu Anda hidup lebih normal. Beberapa hal dapat membantu membangun dan mempertahankan energi Anda, termasuk mengendalikan RA, tidur yang cukup, mengkonsumsi vitamin D dan B12 dan mencari dukungan emosi.

ilustrasi: rheumatoidarthritis.com

Saya merasa sedih, putus asa, dan sendiri. Apakah orang lain yang hidup dengan RA juga seperti itu?
Terdiagnosis dengan RA memang sulit  untuk diterima dan itu normal jika Anda merasa tertekan. Sementara waktu Anda harus berduka karena kehilangan kesehatan dan mungkin Anda membutuhkan seorang konselor untuk membantu. Terapi perilaku kognitif dapat dangat membantu. Jangkau keluarga dan teman-teman Anda untuk mendapatkan dukungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanya Jawab Tentang Rheumatoid Arthritis

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. RA (rheumatoid arthritis) kerap di derita oleh para manula, tetapi akhir-akhir ini RA juga dapat melanda orang yang berusia 30 - 40 tahun, karena pola hidup yang tidak sehatlah yang menyebabkannya, bukan begitu kan pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya RA bisa menyerang pada usia berapa saja, bahkan ada yang kena dari anak-anak, dan paling banyak terjadi pada wanita. Penyebab RA adalah autoimun, dan penyebab autoimun tidak diketahui secara pasti, tapi ada beberapa faktor risiko, misalnya genetik.

      Delete
  2. Pak saya mempunya penyakit RA
    umur saya masih 16 tahun masih SMA
    apakah masih ada kesempatan untuk sembuh ?
    saya selalu minum obat terus dan selalu kontrol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sabar ya dik Ela Aprilya. Kesempatan untuk sembuh itu selalu ada. Tapi sembuhnya pelan-pelan, tidak bisa instan. Kamu harus semangat berobatnya, pahami tentang RA, dan yakin untuk sembuh. Sementara ini kamu harus bisa hidup berdampingan dengan RA, kalau kamu sudah bisa mengontrolnya, kamu masih bisa hidup normal meskipun minum obat. Adapun tentang sembuh, meskipun belum ada obat yang menyembuhkan, tapi kenyataannya ada beberapa kasus RA yang bisa mencapai kondisi remisi (baca: sembuh), semoga kamu juga bisa mencapai remisi dan terlepas dari obat.

      Delete