Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, August 5, 2015

5 Gejala Gula Darah Rendah (Hipoglikemia)

Banyak orang - bahkan mereka yang tidak terkena diabetes - memamerkan tanda dan gejala gula darah rendah. Baca terus untuk mengetahui 5 tanda dan gejala hipoglikemia yang harus Anda ketahui. Hipoglikemia ditandai dengan kadar gula darah di bawah 40 mg/dl.

#1 - Anda tiba-tiba merasa lemah atau gemetar

Merasa lemah atau gemetar secara tiba-tiba adalah salah satu tanda gula darah rendah, tapi bukan berarti gejala ini mudah dikenali. Kelemahan, terutama pada lengan atau kaki, atau rasa gelisah atau gemetar juga bisa berarti saatnya untuk makan.

#2 - Merasa tidak enak badan

Gejala fisik bukan satu-satunya tanda gula darah rendah; ketidakstabilan emosional juga dapat terjadi. Bahkan, jika Anda mencurigai adanya fluktuasi gula darah, gejalanya mungkin seperti merasa tiba-tiba kewalahan, frustrasi, marah, jengkel, atau seperti ingin menangis.

#3 - Anda berkeringat, meskipun tidak panas

Berkeringat dingin tanpa alasan? Gula darah rendah mungkin sebabnya. Stres pada tubuh berarti tubuh Anda harus bekerja lebih keras, dan keringat dingin merupakan tanda klasik bahwa tubuh Anda harus bekerja terlalu keras untuk dapat berfungsi dengan baik.

#4 - Rasa mual

Hipoglikemia dapat membawa rasa mual atau kelaparan ekstrim. Secara tradisional, makan gula membantu meningkatkan kadar gula darah, tetapi cobalah makan camilan atau makanan yang seimbang segera setelahnya, untuk menghindari kecelakaan gula berulang.

#5 - Sedikit kebingungan

Kadar gula darah yag rendah dapat membuat Anda sedikit kebingungan. Anda mungkin merasa banyak mengoceh, atau orang lain mungkin sulit mengikuti percakapan Anda. Tapi bicara cadel atau kebingungan adalah tanda-tanda yang lebih serius gula darah sangat rendah, dan tidak boleh dianggap enteng.

Mnemonic gejala hipoglikemia

Di luar negeri, gejala hipoglikemia dikenal dengan mnemonic: "He IS TIRED".
1. He - Headache > Sakit kepala
2. IS - Irritable/Sweating > Emosi dan berkeringat
3. T - Tachycardia > Detak jantung cepat abnormal
4. I - Irritability > Mudah emosi
5. R - Restlessness > Kegelisahan
6. E - Excessive Hunger > Kelaparan yang berlebihan
7. D - Dizziness > Pusing

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Gejala Gula Darah Rendah (Hipoglikemia)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. Saya tidak memiliki gejala di atas mas :D

    ReplyDelete
  2. pengalaman pribadi saya punya ibu yg menderita diabet kadar gulanya juga tinggi, akhirnya merembet kemana, mulai dari jantung sampe gagal ginjal yg akhirnya cuci darah, biayanya pun tdk murah minimal 700rb, makanya saya blg diabet adalah pintu masuk berbagai penyakit lainya

    ReplyDelete