Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, September 17, 2015

17 September Adalah Hari Jadi PMI #70tahunPMI

Tepat pada 17 September 2015, Palang Merah Indonesia (PMI) menginjak usia 70 tahun. Usia yang tak lagi dapat diragukan untuk membuktikan kemampuan dan komitmen di bidang kemanusiaan.

Dahulu pada masa kemerdekaan, PMI tidak hanya dengan menangani korban perang, tapi juga membantu bekas Romusha. Sedangkan di masa damai, PMI juga membantu menangani masalah sosial, mendidik masyarakat tentang Pertolongan Pertama, upaya penyediaan darah, dan membantu penanggulangan bencana. Hal tersebut membuat eksistensi PMI terus melekat di hati masyarakat.

Ucapan selamat untuk organisasi yang dipimpin Jusuf Kalla itupun banjir di sosial media Twitter. Bahkan, dua hastag yang mengarah pada PMI, yakni Palang Merah Indonesia dan #70tahun PMI, menjadi trending topic.

"#70tahunPMI Laff you PMI/PMR :)," tulis pemilik akun Devia Rini.

"Blood Donation will cost you nothing but it will save a life. Selamat hari jadi yang ke-70 Palang Merah Indonesia #70TahunPMI," kicau ‏@mariaelvanis.

"Happy Anniversary for @palangmerah still do your best for humanity #70tahunPMI ;)," tulis pemilik akun @BayDir14.

Pembentukan PMI dimulai 3 September 1945. Presiden Soekarno ketika itu memerintahkan Menkes RI Kabinet I, Dr. Boentaran, untuk membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.

Panitia pun dibentuk berisikan lima orang, yakni Dr. R. Mochtar sebagai Ketua, Dr. Bahder Djohan sebagai Penulis, dan tiga lainnya Dr. R. M. Djoehana Wiradikarta, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala, Dr Boentaran mempersiapkan terbentuknya Palang Merah Indonesia.

14 hari setelah perintah Presiden, PMI resmi terbentuk pada 17 September 1945. PMI bertugas membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan.

Dirgahayu Palang Merah Indonesia. Jayalah selalu. Totalitas mengabdi untuk kemanusiaan tanpa batas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 17 September Adalah Hari Jadi PMI #70tahunPMI

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. Dirgahayu PMI, yang sudah berdedikasi kepada bangsa, menyelamatkan sejuta manusia, berkat donor darahnya...

    ReplyDelete
  2. dirgahayu PMI..
    wah jadi inget kalo sudah lewat 3 bulan blom donor darah neh

    ReplyDelete
  3. PMI punya banyak jasa, kita harus menghargainya

    ReplyDelete
  4. beda 1 bulan yah sama kemerdekaan Indonesia

    ReplyDelete