Pasien Hemodialisa, Yuk Jaga Kondisi Tetap Normal

Apa yang harus dilakukan jika Anda menderita gagal ginjal kronis dan harus menjalani perawatan hemodialisa? Adakah tugas yang harus dilakukan? Tugas pasien hemodialisa sebenarnya susah-susah gampang.

Tugas utama pasien HD (hemodialisa) adalah menjaga organ tubuh lain supaya tidak rusak oleh karena rusaknya ginjal Anda. Hal itu dilakukan dengan menjaga kondisi darah Anda senormal mungkin. Hal ini bisa terlihat dari hasil lab darah seperti hemoglobin, ureum, fosfat, dan lain-lain pasca HD.

Bagaimana cara menjaga hasil tes lab darah tetap normal? Selain perilaku sehari-hari, baik aktivitas fisik dan pola makan yang seimbang, serta adanya suplemen-suplemen atau obat-obatan pendukung supaya kondisi selalu normal. HD yang berkualitas juga diperlukan. Jika HD Anda kurang berkualitas, sebaiknya jangan berperilaku sembarangan, dan sebaliknya jika perilaku Anda sembarangan, maka sebaiknya Anda mampu menjadikan HD Anda berkualitas.

Semakin sering Anda mengalami kondisi darah abnormal, semakin cepat Anda mengalami hal-hal yang merupakan efek dari keabnormalan nilai darah tersebut. Jadi, jaga sebaik-baiknya kondisi anda, kapanpun dan dimanapun, sebab Anda tidak tahu kapan Anda kritis dan membutuhkan semua organ tubuh berjuang keras melawan maut.

Maut? Benar maut. Ketika Anda sesak berat, gagal napas, atau serangan jantung, akan diperlukan kondisi organ lain yang fit untuk melawannya, peralatan di rumah sakit atau UGD hanya bertugas membantu, tapi bila organ-organ tubuh kita mengalah? Apa boleh buat.

Dan ingat, karena mungkin hampir semua pasien HD pernah mengalami nyawa diujung tanduk, dan entah kapan akan mengalaminya lagi. Maka, selalu berjaga-jagalah atas kondisi tubuh Anda, tubuh Anda adalah Anda sendiri penanggung jawabnya, bukan perawat atau dokter. Semoga membantu.

0 Comments

Posting Komentar