Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, March 12, 2015

12 Maret: Hari Ginjal Sedunia

"Minumlah air yang cukup, sayangi ginjal anda"

Dalam rangka Hari Ginjal Sedunia 2015 yang jatuh pada hari ini, kami kembali mengingatkan pentingnya cukup minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal bertugas menyaring racun, urea dan garam berlebih dalam tubuh. Racun ini dikeluarkan melalui urin. Selain itu, ginjal juga berperan dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah dan asam dalam tubuh. Jika ginjal tidak dirawat dengan baik, tentu fungsinya akan menurun. Untuk menjaga ginjal dengan baik, salah satunya dengan minum air putih yang cukup.

Asupan air putih yang cukup itu penting sekali, kekurangan asupan air menyebabkan warna urin menjadi kuning pekat dan ginjal akan berkerja lebih keras serta berisiko mengembangankan penyakit pada ginjal. Air juga berperan mencegah infeksi saluran kemih. Saat tubuh anda mengalami dehidrasi, akumulasi dari racun dan limbah asam menciptakan lingkungan dimana bakteri dapat berkembang dan dapat menyebabkan ginjal dan kandung kemih lebih rentan mengalami infeksi, peradangan dan rasa nyeri.


Silahkan baca lebih lanjut mengenai bahaya dehidrasi dan efeknya pada tubuh, yang ada di blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Maret: Hari Ginjal Sedunia

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. melihat fungsi ginjal memang kita harus lebih menjaga ginjal kita.karna penyakit ginjal kalo sudah terjadi bukanlah penyakit biasa yang mudah disembuhkan..

    ReplyDelete