Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, April 6, 2015

Postural Orthostatic Tachycardia Syndrome (POTS)

Postural Orthostatic Tachycardia Syndrome (POTS) adalah salah satu bentuk dysautonomia, istilah utuk mendeskripsikan berbagai malafungsi sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom mengatur kebanyakan fungsi penting organ tubuh yang kita tidak secara sadar berfikir tentangnya, seperti detak jantung, tekanan darah, pencernaan, pelebaran dan penyemitan pupil mata dan pengaturan suhu tubuh.

Hal ini menyebabkan orang yang hidup dengan POTS mengalami kelelahan ekstrim, kesulitan berkonsentrasi, migrain, anxiety, tremor, mual muntah, insomnia, dan fluktuasi tekanan darah.

Gejala POTS dapat berbeda setiap harinya, namun yang paling sering terjadi pada orang dengan POTS adalah peningkatan detak jantung saat berdiri yang menyebabkan pusing dan jantung berdebar-debar.


Saat orang dengan POTS berdiri, maka gravitasi akan menarik 1.5 sampai 2 liter darah ke bagian bawah tubuh (orang dewasa hanya memiliki 6 liter darah). Otak akan merasa kekurangan darah dan memicu respon termasuk peningkatan detak jantung.

Gejala umum POTS termasuk:
  • Detak jantung yang meningkat tajam (di atas 30 detak per menit) saat perubahan posisi dari duduk/tiduran menjadi berdiri.
  • Jatuh pingsan atau merasa seperti pingsan beberapa saat setelah berdiri tegak lurus.
  • Darah mengumpul pada kaki dan tangan.
  • Tidak bisa bekerja dan belajar karena fatigue, brain fog, nyeri, atau butuh tiduran.
  • Masalah mobilitas yang serius.
  • Perawatan yang buruk dan ketertundaan diagnosis karena banyak dokter tidak familiar dengan kondisi ini.

POTS biasanya terjadi pada onset setelah pubertas dan terkadang disertai periode pertumbuhan yang cepat. Jadi siapa saja yang bisa terkena POTS? Setiap orang di segala kelompok usia dapat mengidapnya, namun kasus ini lebih sering terjadi pada wanita di usia 15 - 50 tahun.

Bagaimana dengan pengobatannya? Sampai saat ini tidak ada obat yang menyembuhkan POTS. Bagaimana cara anda membantu? Share informasi sebanyak mungkin: kepada dokter, teman-teman, dan anggota keluarga; semakin banyak orang yang tahu kondisi anda, semakin baik bukan.
Foto: Perbedaan kaki orang normal (kiri) dan kaki orang dengan POTS (kanan)

POTS seringkali salah diagnosa, salah dipahami, salah dimengerti, dan salah perawatan. Edukasi diri sangat penting. Please share to spread awareness.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Postural Orthostatic Tachycardia Syndrome (POTS)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment