Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, June 6, 2015

Perbedaan MG, MS dan MD

Apa sih perbedaan Myasthenia Gravis (MG), Multiple Sclerosis (MS), dan Muscular Dystrophy (MD)?

Sebagaimana kita ketahui, MG dan MS merupakan penyakit autoimun. Perbedaannya, MS mempengaruhi saraf, karena itu kekambuhan gejalanya timbul karena kerusakan saraf yang tidak segera membaik, dan MS menyerang langsung ke sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang) yang menyebabkan gangguan kognitif dan berbagai jenis disfungsi otot yang jelas berbeda dengan MG.

MG mempengaruhi sambungan antara saraf dan otot, yang juga dikenal dengan neuromuscular junction (NMJ), di mana saraf memberikan perintah kepada otot untuk berkontraksi. Ketika MG kambuh biasanya NMJ segera membaik sehingga pasien MG tidak mengalami kasus progresif seperti yang dialami pasien MS. Berdasarkan pengetahuan ilmiah terkini, MG juga tidak mempengaruhi sistem saraf pusat.

MD didefinisikan sebagai kelompok penyakit kelainan struktur otot. Kebanyakan atau hampir semuanya merupakan penyakit keturunan/genetik. Ada banyak jenisnya, karena ada banyak senyawa dalam otot yang dapat dipengaruhi, dan beberapa jenis MD tidak menunjukkan gejala sampai di kemudian hari.

Dari sudut pandang ilmiah, MG tidak tergolong sebuah muscular dystrophy karena masalah utama MG bukanlah gangguan struktur otot. Meskipun pada kasus yang lebih lanjut/parah, disfungsi neuromuscular junction pada MG berpotensi menyebabkan perubahan otot dalam NMJ. Hal ini berbeda dari kelainan struktural yang menjadi penyebab utama MD.

Perbedaan mendasar dari gejalanya, MG hanya ada kelemahan otot yang fluktuatif (memburuk ketika beraktivitas dan membaik ketika beristirahat) karena gangguan pada sambungan saraf dan otot, biasanya otot yang paling banyak berkontraksi itulah yang paling lemah, seperti pada otot-otot okular. MS juga memiliki gejala kelemahan/kelumpuhan karena gangguan pada sistem saraf pusat, namun dapat progresif dan disertai gangguan kognitif, nyeri, kebas, kejang dan fatigue. MD memiliki kelemahan otot yang berbeda karena kerusakan struktur otot.


#Myasthenia Gravis (MG) #Multiple Sclerosis (MS) #Muscular Dystrophy (MD)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan MG, MS dan MD

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment