Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, October 1, 2016

Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)

Hand Foot and Mouth Disease (HFMD), atau lebih dikenal sebagai Flu Singapur, adalah infeksi virus. Penyakit ini tidak berhubungan dengan penyakit kaki dan mulut yang terjadi pada binatang. HFMD umumnya mengenai anak usia dibawah 10 tahun, atau pada dewasa muda. Penyakit ini sangat mudah sekali menular. Kebanyakan orang dewasa sudah pernah terkena penyakit ini. Jarang sekali menyebabkan komplikasi, dan sangat jarang menyebabkan hal yang fatal.

Tanda dan gejala penyakit biasanya mulai muncul pada hari ke 3 sampai hari ke 7 setelah terkena infeksi, dan bisa berlangsung 7-10 hari. Karena termasuk ringan, jarang dibutuhkan rawat inap di RS.

Gejala dan tanda Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) yang umum meliputi:
  • Demam tinggi
  • Sakit tenggorokan
  • Bintik kecil di kulit seperti melepuh, di rongga mulut, sisi lidah, telapak tangan dan kaki (lepuhan di kulit tidak terlalu gatal seperti cacar)
  • Nafsu makan turun (karena ada seperti sariawan di mulut, menyebabkan nyeri saat makan dan minum)
  • Kelelahan


Penyakit ini bisa menyebar dengan menyentuh cairan dari lepuhan atau cairan dari hidung, mulut, dan dada yang menyebar melalui bersin dan batuk.

Untuk mencegah penularan, cuci tangan secara teratur setelah menyentuh cairan tubuh. Tidak meminjamkan alat masak, gelas, handuk, sikat gigi, dan baju. Tetap di dalam rumah dan tidak pergi ke sekolah, tempat bermain dan penitipan anak sampai lepuhan di kulit sudah benar-benar kering.

Penyebab dari HFMD ini adalah kelompok virus yang bernama enterovirus. Paling sering disebabkan oleh Coxsackie virus A 16, dan yang lebih jarang virus EV 71.

Pengobatan Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)
  • Tidak ada pengobatan khusus untuk HFMD. Karena disebabkan oleh virus, antibiotik tidak bisa untuk mengobatinya.
  • Penyakit ini ringan dan tidak berbahaya.
  • Tidak ada obat-obatan khusus atau vaksin khusus.
  • Kalau anak mengalami sakit kepala, kaku pada leher dan nyeri pada punggung, segera berobat ke dokter.
Sumber: RCH

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment