Tugas Pasien Di Ruang Hemodialisa (HD)

Pasien hemodialisa (HD) harus berperan aktif sebelum menjalani dialisis untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti bocornya bloodlines atau tabung dialiser sehingga darah keluar atau terbuang percuma. Pasien seharusnya tidak hanya datang, kemudian menunggu HD selesai, dan pulang. Bila tabung dialiser bocor, bukannya menyalahkan tugas perawat, mereka memang bertanggung jawab, namun Anda sebagai pasien lah yang menjalani atau merasakan efeknya.

Sebenarnya ada beberapa tugas yang harus dilakukan pasien HD sebelum menjalani HD untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan :

1. Datang ke ruangan HD, langsung perhatikan mesin tempat yang akan dipakai, perhatikan tabung dialisernya, jika reuse maka biasanya akan ada nama Anda, pastikan itu milik Anda.

2. Pada waktu penusukan, bila ditusuk oleh perawat, perhatikan site atau lokasi penusukan, apakah arahnya benar, lokasinya benar, dll.

3. Setelah ditusuk, perhatikan aliran darah di mesin, bloodset akan terlihat merah seiring darah kita keluar, pastikan tidak tercecer atau terekspos udara, juga perhatikan di ujung selang vena ketika darah mulai mencapai ujung vena, ada beberapa mesin yang tidak otomatis berhenti sehingga darah bisa keluar lagi melalui vena.

4. Setelah proses penusukan selesai, cek seluruh bloodlines, tabung dialiser, semua clamp, bubbletrap, QB awal, UF, waktu, dan sebagainya. Pastikan semua sudah siap dan benar.

5. Selama HD berlangsung, sering-sering melihat mesin HD, perhatikan tekanan arteri dan vena, kondisi tekanan yang tinggi akan sangat merusak avshunt lambat laun, juga perhatikan mesin, beberapa mesin lama tidak peka terhadap adanya bloodleak atau tabung bocor, terkadang perawat bisa juga kurang kencang memasang selang bloodlines ke tabung, atau ke jarum kita.

6. Untuk diri sendiri. Kalau bisa cek detak nadi Anda. Jika mencurigakan jangan segan-segan minta tensi.

7. Selesai HD, perhatikan juga prosedur pelepasan, cek semua obat yang akan dimasukkan, dan jangan sampai ada udara masuk ke tubuh Anda, lihat dengan seksama sirkulasi darah di selang yang masuk ke tubuh Anda, masuknya udara berlebih di tubuh bisa mengakibatkan kematian.

8. Selesai semua darah masuk dan bekas luka tusukan ditekan, perhatikan dulu bekas luka itu, jangan langsung duduk dan jalan pulang, terkadang luka masih bocor dan mengeluarkan darah, hal tersebut seringkali tidak ada rasanya, jadi bisa berbahaya bila luka masih bocor selama kita pulang.

Memang perawat bertugas melakukan semua ini, namun perawat juga manusia, dan pasien yang dirawat bukan hanya Anda, faktor human error bisa terjadi. Jadi permudahlah tugas mereka dengan membantu pemantauan-pemantauan seperti ini, kerjasama yang baik antara pasien-perawat akan membuat hemodialisa lebih mudah.

0 Comments

Posting Komentar