Cara Cek Faskes Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit Yang Menerima BPJS


Untuk berobat menggunakan asuransi kesehatan BPJS Kesehatan memang harus sesuai prosedur dengan mengikuti langkah ketentuan yang berlaku, pasien tidak bisa sembarangan berkunjung ke faskes sesuai kemauan pasien. Fasilitas Kesehatan atau yang disingkat Faskes dapat melayani setiap peserta BPJS berdasarkan wilayah domisilinya.

Ada baiknya sebelum berobat dengan BPJS, peserta mengecek faskes yang menerima BPJS Kesehatan dimana anda terdaftar agar dapat mendapatkan pelayanan sesuai prosedur. Misalnya untuk persalinan dengan menggunakan BPJS maka prosedur layanannya dimulai dengan berkunjung ke Faskes tingkat 1 terlebih dahulu.

Apabila pasien BPJS membutuhkan rujukan dan dokter memberikan surat rujukan BPJS online untuk periksa ke rumah sakit, ada baiknya mengecek rumah sakit yang menerima BPJS sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya. Tentu saja, saat ada keadaan darurat pasti kita harus mencari faskes atau rumah sakit dengan cepat agar tidak menunda untuk mendapatkan penanganan.

Pelayanan kesehatan dapat diberikan apabila peserta memenuhi semua persyaratan baik dokumen maupun cakupan operasional Faskesnya. Bagi yang belum mengetahui cara cek Faskes Puskesmas, klinik dan rumah sakit yang menerima BPJS Kesehatan silahkan simak penjelasan berikut ini.

Jenis Faskes BPJS Kesehatan


Ada tiga jenis tingkatan faskes yang mempengaruhi layanan maupun jenis penanganan medis yang didapatkan peserta asuransi kesehatan BPJS. Contoh Faskes seperti misalnya Puskesmas, Rumah, Sakit, Klinik, Apotek maupun masih banyak lainnya, untuk pembagiannya sebagai berikut.

Faskes Tingkat 1

Adalah fasilitas kesehatan yang memberi layanan kesehatan dasar meliputi Puskesmas, klinik maupun tempat praktek mandiri dari tenaga kesehatan. Faskes tingkat 1 berasal dari pemerintah akan berada ditiap kelurahan maupun kecamatan sesuai luas wilayahnya. Faskes Tingkat 1 disebut juga dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau faskes primer.

Faskes Tingkat 2

Adalah fasilitas kesehatan yang memberi layanan kesehatan spesialis ataupun dikatakan lebih lengkap dibanding tingkat pertama. Terdiri dari Rumah Sakit kelas C dan kelas D, RS kelas C menyediakan 4 layanan spesialis dasar dan 4 spesialis penunjang. Sedangkan RS kelas D mempunyai layanan rawat inap, jalan, UGD maupun penunjang lainnya. Faskes Tingkat 2 disebut juga Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Faskes Tingkat 3

Adalah fasilitas kesehatan yang memberi layanan kesehatan subspesialistik dimana terdiri dari Rumah Sakit kelas A maupun B. Rumah sakit kelas A memiliki layanan paling lengkap meliputi minimal 5 spesialis penunjang medis, 12 spesialis, 13 subspesialis serta 4 pelayanan kesehatan spesialis dasar.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Faskes 1 BPJS?

Cara Cek Faskes Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit yang menerima BPJS Kesehatan


Memang ketika mencari Faskes terbaik membutuhkan waktu, namun dengan berkembangnya jaman kini anda bisa memanfaatkan fasilitas website ataupun aplikasi. Supaya tidak bingung ikuti beberapa cara cek Faskes Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit yang menerima BPJS Kesehatan dibawah ini.

1. Cek Faskes BPJS Lewat Laman Aplicares BPJS Kesehatan



Aplicares adalah website milik BPJS Kesehatan yang menyediakan informasi Faskes seperti puskesmas, klinik dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan berdasarkan lokasi dan bisa diakses secara umum oleh semua orang. Anda cukup kunjungi website Aplicares kemudian memasukkan data pencarian seperti berikut.
  1. Buka laman faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares di browser anda.
  2. Di kolom pertama pilih antara PUSKESMAS, RUMAH SAKIT, DOKTER PRAKTIK PERORANGAN, DOKTER GIGI, KLINIK UTAMA, KLINIK PRATAMA ataupun APOTEK.
  3. Lanjutkan dengan memilih provinsi dimana anda berdomisili.
  4. Tekan tombol Cari Faskes
  5. Muncul titik pada maps, silahkan pilih berdasarkan lokasi anda.
  6. Tampil informasi nama Faskes, alamat maupun nomor teleponnya.
Anda juga bisa menggunakan tools pencarian di sebelah kiri untuk menemukan data fasilitas kesehatan yang Anda cari.

Baca Juga: Cara Hitung Denda BPJS Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL), Ada Contohnya!

2. Cek Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Lewat Mobile JKN


Cara cek Faskes yang bekerjasama BPJS Kesehatan juga lebih mudah dilakukan melalui Mobile JKN. Aplikasi layanan BPJS ini memiliki banyak fitur, salah satunya pencarian lokasi faskes terdekat berdasarkan lokasi anda. Anda cukup login lalu pilih pilahan menu info faskes.

  1. Buka aplikasi Mobile JKN, silahkan masukkan nomor kartu BPJS/email/username. Lanjutkan memasukkan password dan captcha, tekan Login BPJS Kesehatan.
  2. Setelah itu anda akan dibawa ke menu utama, pada menu bagian atas pilih Info Lokasi Faskes.
  3. Aplikasi akan secara otomatis melakukan pencarian Faskes Puskesmas terdekat dari lokasi anda.
  4. Anda juga dapat mencari info faskes BPJS lain dengan memilih jenis Faskes yang meliputi Puskesmas, Apotek, Klinik Pratama, Dokter Gigi, Laboratorium, Optik, Dokter Umum, PMI, Rumah Sakit, Kantor Cabang BPJS Kesehatan dan Kantor Wilayah BPJS Kesehatan.
  5. Setelah memilih jenis Faskes BPJS kemudian dibawahnya akan muncul nama Faskes BPJS beserta telepon dan alamat lengkapnya.

3. Cek Faskes via Care Center 165 BPJS Kesehatan


Selain cek faskes BPJS secara online, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas Care Center BPJS di nomor 165. Memang anda bisa menghubungi selama 24 jam penuh, tapi sayangnya harus menyiapkan pulsa karena merupakan panggilan berbayar.

Ketika terhubung silahkan berikan informasi berupa nomor BPJS Kesehatan serta KTP kepada petugas. Kemudian minta untuk memberikan alamat Faskes sesuai dengan tempat peserta terdaftar.

Dengan demikian kita dapat ambil kesimpulan bahwa cara cek Faskes BPJS Kesehatan memang mudah dilakukan namun sangat penting karena dibutuhkan untuk mengecek lokasi untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Baca Juga: Berapa Lama Surat Rujukan BPJS Berlaku?

Demikianlah artikel cara cek faskes puskesmas, klinik dan rumah sakit yang menerima BPJS. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

0 Comments

Posting Komentar