Cara Daftar BPJS PBI Jika Tidak Mampu Bayar Iuran BPJS Mandiri (2022)


Bagaimana jika ingin daftar BPJS PBI jika tidak mampu bayar iuran BPJS mandiri?

Sebelum memilih untuk pindah dari BPJS mandiri ke PBI yang diperuntukkan untuk warga miskin dan tidak mampu, kewajiban pertama peserta adalah melunasi tunggakan, karena jika masih ada tunggakan, proses pengajuan dari BPJS mandiri ke PBI tidak dapat dilayani.

Untuk melunasi tunggakan, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN dengan sistem asuransi kesehatan memiliki program REHAB untuk bayar tunggakan secara dicicil, program ini adalah bentuk keringanan dari BPJS Kesehatan terhadap peserta yang menunggak, karena lebih ringan untuk mencicil tunggakan daripada bayar lunas sekaligus.

Jika anda tidak mampu membayar iuran BPJS, ada baiknya untuk turun kelas sesuai dengan kondisi ekonomi atau dengan memilih kelas yang lebih rendah sehingga iuran bulannya lebih terjangkau.

Apabila masih tidak mampu membayar iuran kelas paling rendah, yaitu kelas 3, pada artikel ini akan dijelaskan cara daftar BPJS PBI yang gratis jika sudah tidak sanggup lagi membayar iuran.

Pengertian BPJS Mandiri


Peserta BPJS Mandiri adalah peserta asuransi kesehatan BPJS Kesehatan dari segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan pekerja (BP) yang harus membayar iuran setiap bulan dengan besaran sesuai kelas yang dipilih dan wajib membayar sekaligus untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar pada Kartu Keluarga (KK), karena pendaftaran BPJS Kesehatan wajib untuk sekeluarga.

Peserta BPJS Mandiri wajib membayar iuran setiap bulan dengan batas pembayaran adalah akhir bulan berjalan, jika terlambat membayar maka pada tanggal 1 bulan berikutnya status kepesertaan untuk seluruh anggota keluarga akan langsung non-aktif sehingga tidak bisa digunakan untuk mendapat pelayanan kesehatan yang ditanggung JKN yang dikelola BPJS kesehatan.

Ada beberapa sebab kenapa ada tunggakan iuran BPJS diantaranya adalah karena karena peserta lupa membayar, peserta sengaja tidak membayar, dan peserta tidak sanggup membayar karena tidak mampu. Peserta yang tidak mampu bayar iuran bisa terjadi karena perubahan kondisi ekonomi, terkena PHK, atau tidak lagi memiliki penghasilan, sehingga muncul tunggakan yang menyebabkan status BPJS non aktif karena premi.

Baca Juga: Cara Hitung Denda Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL)

BPJS Kesehatan sebagai pengelola JKN sebenarnya sudah memberi keringanan kepada peserta yang menunggak dengan mengeluarkan program REHAB, agar peserta yang menunggak bisa mencicil tunggakannya. Dengan membayar tunggakan secara dicicil, peserta bisa melunasi tunggakannya hingga lunas. Ini lebih ringan daripada harus membayar semua tunggakan sekaligus.

Namun apabila peserta BPJS sudah benar-benar tidak sanggup lagi membayar iuran, maka peserta bisa beralih kepesertaan menjadi Peserta BPJS Penerima bantuan Iuran (PBI) yang diperuntukkan untuk warga tidak mampu atau miskin.

Cara pindah ke BPJS PBI, syarat, langkah dan alur pengajuannya


Untuk anda yang saat ini merupakan peserta non-PBI dan benar-benar sudah tidak mampu lagi membayar iuran bulanan karena ekonomi, maka anda bisa mengajukan diri untuk beralih menjadi peserta BPJS PBI, langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Peserta mengunjungi Dinas Sosial setempat untuk mendaftar pengajuan BPJS PBI untuk selanjutnya namanya diusulkan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya ditanggung oleh pemerintah daerah setempat.

2. Persyaratan yang harus dilampirkan ke Dinas Sosial untuk daftar PBI :
-SKTM (Surat Keterengan Tidak Mampu) dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan
-KTP
-Kartu keluarga
-Kartu BPJS atau KIS sebelumnya
-Formulir kriteria miskin (formulir dari Dinsos)

3. Alurnya Dinas Sosial melakukan verifikasi dan validasi setelah itu diteruskan ke Kementerian Sosial. Kementerian Sosial melakukan Konsultasi dengan Kementerian Keuangan, lalu Kementerian Sosial melaporkan ke Kementerian kesehatan dan Kementerian kesehatan mendaftarkan peserta PBI JK kepada BPJS Kesehatan agar memperoleh data PBI Jaminan Kesehatan yang mutakhir, tepat sasaran, tepat waktu dan valid sesuai kuota masing-masing wilayah.

Baca Juga: Kenapa Tidak Bisa Pindah Dari BPJS Mandiri Ke PBI Yang Gratis

Berapa lama waktu pengajuan BPJS PBI?


Umumnya perubahan kepesertaan menjadi PBI harus menunggu hasil rekonsiliasi oleh kemenkes yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Untuk PBI yang iurannya dibayar pemerintah daerah, mungkin bisa lebih cepat pengajuannya namun tergantung wilayah, kuota, dan rezeki anda.

Demikian artikel cara daftar BPJS PBI jika tidak mampu bayar iuran BPJS mandiri. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

0 Comments

Posting Komentar