Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, December 26, 2014

10 Kebiasaan Penyebab Sakit Nyeri Punggung

Sakit atau nyeri punggung terntunya dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab sakit punggung seperti infeksi, trauma, kelainan bawaan atau penyakit degeneratif.

Namun tanpa disadari beberapa kondisi bisa menciptakan rasa sakit punggung yang justru merupakan kebiasaan kita sehari-hari dan dilakukan dari waktu ke waktu.

Berikut 10 kebiasaan buruk yang bisa memicu sakit atau nyeri punggung.

sakit nyeri punggung
1. Duduk terlalu lama
Saat anda duduk, tekanan pada tulang belakang akan lebih besar 40 persen dibandingkan posisi berdiri. Seseorang biasanya mempertahankan posisi duduknya jika sedang sibuk bekerja sehingga tidak bisa beristirahat atau melakukan stretching. Usahakan berdiri tiap 30 menit untuk meregangkan punggung anda.

2. Mengemudi terlalu lama
Sama seperti duduk, mengemudi terlalu lama bisa memberikan tekanan pada otot-otot dada dan bahu. Karena itu sakit punggung bisa menjadi keluhan utama dari orang yang sering melakukan perjalanan panjang. Untuk itu perhatikan sikap duduk yang benar saat mengemudi.

3. Tidak berolahraga
Dengan meningkatkan sirkulasi dan menurunkan stres, maka bisa membantu memulihkan nyeri termasuk nyeri punggung. Dengan berjalan, peregangan dan yoga bisa membantu bernapas lebih panjang dan relaksasi, serta peregangan dan kekuatan. Dengan begitu dapat membantu mencegah pemicu sakit punggung secara emosional dan struktural.

4. Sering membawa tas yang berat
Saat anda membawa tas yang berat, maka bahu akan menjadi tidak seimbang dan membuat tulang belakang menjadi tidak beraturan. Melakukan hal ini setiap hari akan menyebabkan otot terasa sakit.

5. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
Penelitian menunjukkan kebiasaan makan yang sehat juga bisa memberikan perlindungan terhadap punggung. Orang yang sakit punggung cenderung memiliki arteri tersumbat untuk tulang belakangnya, karena jika sirkulasinya sehat akan membawa nutrisi ke tulang belakang dengan baik. Tapi jika hal ini tidak terjadi bisa menyebabkan peradangan dan zat kimia inflamasi akan memicu saraf untuk mengirimkan sinyal sakit ke otak.

6. Tidur di kasur tua
Sebuah kasur hanya akan berfungsi dengan baik selama 8-10 tahun, karena itu jika kasur tidak pernah diganti akan membuat anda bangun tidur dengan rasa sakit di punggungnya.

7. Menggunakan sepatu hak tinggi bagi wanita
Sepatu dengan hak tinggi memaksa anda untuk melengkungkan punggungnya dan membuat otot-otot tulang belakang bekerja lebih keras. Selain itu mendistribusikan berat badan yang tidak merata juga menyebabkan rasa sakit punggung.

8. Sering menahan emosi
Sebuah penelitian menyebutkan orang yang pemaaf bakal jarang merasa kesal, depresi, marah, sakit, serta nyeri di sekujur tubuhnya. Emosi, ketegangan otot, dan pikiran saling berhubungan mempengaruhi sinyal rasa sakit anda.

9. Menonton televisi terlalu lama
Sebuah penelitian menyebutkan orang yang duduk di depan televisi atau komputer selama 15 jam atau lebih dalam seminggu, memiliki kemungkinan 3 kali lipat lebih besar mengalami sakit punggung dan pinggang. Hal ini disebabkan orang tersebut duduk dengan posisi membungkuk selama berjam-jam.

10. Sering mengkerutak punggung
Jika seseorang merasa pegal, seringkali membunyikan atau mengkerutak punggungnya. Hal ini tidak bisa menstabilkan otot, melainkan berkontribusi terhadap rasa nyeri dan juga ketidakseimbangan pusat atau poros tengah. Selain itu tekanan yang berlebihan bisa mengakibatkan tulang belakang melengkung ke depan yang berbentuk mirip huruf C.

Demikian 10 kebiasaan yang dapat menjadi penyebab sakit atau nyeri punggung, semoga bermanfaat.

[sumber bacaan: prevention.com]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Kebiasaan Penyebab Sakit Nyeri Punggung

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

13 comments:

  1. no 1 dan 4 bener kang soalnya saya ngalamin :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kalau poin 6 gak ya mas, atau kasur tuanya sudah dijual di toko online, hehe..

      Delete
  2. inilah yang sering saya alami,bangun tidur jadi malas rasanya jika punggung sakit

    ReplyDelete
  3. Orang sabar dan pemaav memang ber dampak positif buat kesehatan

    ReplyDelete
  4. kalau saya mungkin karena duduk terlalu lama dan jarang berolahraga mas
    hingga mengakibatkan sering nyeri punggung

    ReplyDelete
  5. nah ini, klo sudah didepan laptop punggung juga sakit mas..

    ReplyDelete
  6. Ini nih, duduk terlalu lama. Saya jadinya bingung, hampir semua aktivitas dikerjakan dengan duduk, kecuali melakukan kerja fisik. Jadinya bingung, masak bekerja di depan komputer harus berdiri. hehehe

    ReplyDelete
  7. banyak juga ya faktor penyebab nya, kalo saya sih sakit punggung biasanya gara2 kelamaan duduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama donk mbak saya juga duduk nya lama banget apa lagi di depan komputer, waduh tidak terasa ya jadinya

      Delete
  8. Duduk terlalu lama itu yang sering aku lakukan

    ReplyDelete
  9. sering menggurutak punggung juga salah satu penyebabnya ya mas, padahal kan kalau pegel digrutak terus bunyi tersasa lebih enakan gitu.

    hmm..besok-besok, kagak lagi deah.

    ReplyDelete
  10. wah posting yang super nih, pas saya lagi butuh info seperti ini, oya salam kenal ya

    ReplyDelete
  11. Iya nih. Aku kalok uda kebanyakan duduk pasti sakit deh punggungnya :(

    ReplyDelete