Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Informasi BPJS Terkini

Semoga daftar info BPJS Kesehatan berikut mencerahkan Anda yang sedang mencari informasi BPJS Kesehatan terkini.

Informasi Dasar
Penting untuk dipahami! Jadi di dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ada: (1) BPJS Kesehatan sebagai pengelola keuangan; (2) Peserta aktif yang membayar iuran; (3) Fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan.

Pendaftaran Dan Pembayaran
Kini peserta JKN yang baru akan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebagai identitas peserta. Masa tunggu pembayaran iuran pertama sejak pendaftaran paling cepat adalah 14 hari.
Apa Saja Yang Ditanggung JKN?
Intinya asal itu indikasi medis dan sesuai prosedur bisa ditanggung JKN. Karena sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan JKN (permenkes nomor 28 tahun 2014) semua ditanggung kecuali yang disebutkan secara eksplisit tidak masuk pertanggungan seperti estetika, infertilitas, alternatif, komplementer dll.
Informasi BPJS Seputar Pelayanan
Meskipun hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS, ada alur dan prosedur yang berlaku yang harus dipatuhi oleh peserta. Informasi BPJS berikut ini wajib Anda ketahui.
Kelebihan Dan Kekurangan BPJS Kesehatan
Meskipun BPJS Kesehatan memiliki banyak kekurangan dan kelemahan, harus kita akui bahwa kelebihan dan keuntungan mengikuti JKN BPJS Kesehatan sangat besar.
Rumah Sakit Yang Bekerjasama
Sampai saat ini belum semua rumah sakit bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Namun pemerintah merencanakan bahwa pada tahun 2019 semua fasilitas kesehatan sudah menjadi bagian dalam program JKN.
Tanya Jawab
Tanya jawab BPJS Kesehatan berikut ini mungkin mewakili pertanyaan Anda. Anda bisa bertanya pada kolom komentar dan diusahakan secepatnya akan mendapat jawaban.
Persalinan Dengan BPJS
Prosedur persalinan dengan BPJS: Kalau diperkirakan normal, persalinan normal dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Kalau ada indikasi medis, persalinan dapat dirujuk ke rumah sakit rujukan BPJS.
Kecelakaan Lalu Lintas
Kecelakaan lalu lintas adalah ranahnya Jasa Raharja. BPJS Kesehatan dapat menanggung kecelakaan tunggal bukan lalu lintas, seperti jatuh dari pohon, atau jatuh terpeleset.
Testimoni Peserta JKN
Dengan adanya JKN, mereka yang tadinya memiliki kesulitan ekonomi untuk berobat menjadi sangat terbantu.

Update Peraturan Baru BPJS Kesehatan


Peraturan Baru BPJS Kesehatan Per 1 Juni 2015
Peraturan Baru BPJS Kesehatan Per 1 April 2016
Iuran BPJS Kesehatan telah mengalami kenaikan per tanggal 1 April 2016. Berikut besaran iuran BPJS Kesehatan yang terbaru.
  1. Ruang perawatan klas III Rp 25.500 per bulan, tidak ada kenaikan.
  2. Ruang perawatan klas II menjadi Rp 51.000 dari sebelumnya Rp 42.500 per bulan.
  3. Ruang perawatan kelas I, menjadi Rp 80.000 dari sebelumnya Rp 59.500 per bulan.
Peraturan Baru BPJS Kesehatan Per 1 Juli 2016
Peraturan Baru BPJS Kesehatan Per 1 September 2016

Tampilkan Komentar